Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Drs.Partaya, M.Si., Dosen Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Semarang berhasil menyandang gelar doktor dari UGM. Pria kelahiran Grobogan, 7 Juli 1960 silam ini berhasil lulus program doktor dari Prodi Ilmu Lingkungan Sekolah Pascasarjana UGM.

Mempertahankan disertasi berjudul Dinamika Nutrien Pada Ekosistem Mangrove di Pantai Bedono Kecamatan Sayung Kabupaten Demak. Berlaku selaku promotor Prof.Dr.Ir. Chafid Fandeli, M.S., dan ko-promotor Prof.Dr. Sunarto, M.S., serta Prof.Dr. Suwarno Hadisusanto, M.S.

Dalam kesempatan itu Partaya memaparkan tentang hasil kajiannya mengenai dinamika nutrien di sedimen dan perairan ekosistem mangrove di Pantai Bedono. Dari penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa kandungan nutrien sediem di ekosistem mangrove Pantai Bedono memiliki senyawa karbon organik (C-organik) dan nitrogen total yang tinggi. Kandungan fosfor (P) dan kalium (K) tersedia tergolong tinggi. Sementara nutrien di perairan mangrove mempunyai kandungan C organik, natrium (N) total, fosfor dan kalium yang tinggi.

“Secara keseluruhan kandungan nutrien di kawasan Pantai Bedono termasuk tinggi sehingga baik untuk pertumbuhan tanaman mangrove,” jelasnya, Rabu (26/7/2017).

Baca Juga :  Beredar Hoaks Uang Pecahan Rp 1.0 Baru, Bank Indonesia dan Peruri Bantah

Selain itu diketahui pula kerapatan manrove di pantai tersebut dalam kriteria yang cukup tinggi. Adapun jenis mangrove yang dominan adalah jenis Avecennia marina.

Temuan lain menunjukkan keberadaan makrobentos di pantai Bedono cukup melimpah. Indeks keragaman makrobentos  termasuk dalam kriteria baik. Sementara jenis makrobentos yang dominan adalah Natica fasciata dan Cassidula sulculosa yang melimpah pada bulan Maret 2016. (ika/humas-ugm/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News