Pemkab Tabanan Nganyarin di Pura Mandhara Giri Semeru Agung

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Serangkaian pujawali di Pura Mandhara Giri Semeru Agung, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Pemkab Tabanan menggelar bakti penganyar pada Selasa (18/7/2017). Bakti penganyar tersebut dipimpin Sekda Tabanan I Nyoman Wirna Ariwangsa, dan diikuti segenap jajaran OPD di lingkungan Pemkab Tabanan.

Rangkaian upacara diawali dengan ngaturang banten penganyar di masing-masing palingih. Proses tersebut dipuput dua sulinggih, yakni Ida Pedanda Gede Diyatmika Putra Keniten dari Griya Gede Banjarangkan, Klungkung, serta Ida Pedanda Mas Dwija Putra dari Griya Taman Sari, Baturiti, Tabanan.

Pinandita Pura Mandhara Giri Semeru Agung, Mangku Marti, menjelaskan, bakti penganyar tersebut merupakan bagian dari rangkaian piodalan atau pujawali yang dilaksanakan setiap tahun, tepatnya pada Rahina Purnama Sasih Kasa.

Puncak pujawali tahun ini jatuh pada Sabtu (8/7/2017). “Ida Bhatara katuran nyejer selama sebelas hari dan mesineb pada Rabu (19/7/2017),” jelasnya.

Saat ini, Pura Mandhara Giri Semeru Agung diempon umat Hindu di Kabupaten Lumajang, yang berjumlah sekitar 2.100 KK. (ita/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :