Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Bali telah dipilih Dewan Komisaris Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai implementasi roadmap “Keuangan Berkelanjutan” dengan diresmikannya Bali Center for Sustainable Finance (BCSF) di Universitas Udayana. Untuk itu Pemerintah Provinsi Bali menyambut baik dan mendukung berdirinya BCSF ini, sebagai implementasi dari komitmen Pemerintah dalam menjalankan program keuangan berkelanjutan. Hal ini disampaikan Gubernur Bali Made Mangku Pastika saat membuka acara “Launching Bali Center for Sustainable Finance dan Seminar Nasional Keuangan Berkelanjutan 2017”, bertempat di Ruang Sidang Pasca Sarjana, Universitas Udayana, Rabu (12/7/2017).

Pastika berharap BCSF ini dapat menjadi pusat studi dan pembelajaran bagi seluruh pelaku industri jasa keuangan di tanah air, mengingat program itu memerlukan sumber daya manusia yang handal dan profesional.

Baca Juga :  Tangani Inflasi, Pj Bupati Lihadnyana Ubah Semak Belukar Jadi City Farming

Menurutnya, fenomena perbankan dalam globalisasi  disebutkan “Banking is necessery, but banks are not”. “Nantinya bank bisa saja akan tutup semua, namun kegiatan perbankan akan jalan terus. Sehingga fenomena ini harus dijawab para pelaku jasa perbankan untuk meyakinkan masyarakat akan pentingnya keberadaan bank dalam kegiatan perekonomian. Dan berbagai studi dan kegiatan sosialisasi diperlukan, sejalan dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia dan kualitas lembaga keuangan,” kata Pastika.

Ide pembentukan BCSF ini tercetus oleh Gubernur Bali Made Mangku Pastika beberapa tahun lalu, dan OJK sebagai pihak yang paling berkompeten telah dapat mewujudkannya saat ini. Bali disamping menjadi tujuan pariwisata yang berbasiskan budaya juga diharapkan menjadi center of finance industri seperti Singapura ataupun Hongkong. “Kita bangga karena ada nama ‘Bali’ didepannya, ini suatu promosi tersendiri bagi Bali. Kedepan ada keinginan  Bali menjadi pusat keuangan dunia, kapan itu tercapai kita tentu akan merencanakan strategi agar berhasil.
Dunia kita wisata budaya, alam spiritual, yang belum dikelola itu wisata finance, edukasi, dan sport. Semua kesempatan itu harus kita manfaatkan,”jelasnya.

Baca Juga :  The Nusa Dua Kembali Jadi Tuan Rumah Dua Event Bergengsi

Rektor Udayana, Prof. DR. dr. Ketut Suastika merasa bangga sebab  Universitas Udayana sebagai partner OJK yang pertama untuk membuat center of sustainable finance. Dengan dibangunnya center atau pusat ini disamping pusat-pusat yang sudah terbentuk, maka Universitas Udayana akan lebih berkibar ditingkat internasional. Dengan adanya center ini diharapkan dapat untuk menjembatani gap ilmu pengetahuan yang berkembang agar dapat diimplementasikan bagi masyarakat.

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman Darmansyah Hadad menyampaikan tujuan dibentuknya BCSF ini adalah menyediakan pusat studi dan pembelajaran bagi pelaku industri keuangan, pengambil kebijakan, pelaku usaha sektor jasa keuangan maupun masyarakat. Selain itu BCSF akan menjadi sarana berkumpulnya para ahli dari berbagai bidang studi untuk berdiskusi dan bebrbagi pengalaman tentang hambatan dan tantangan dalam implementasi Keuangan Berkelanjutan serta membangun jejaring pemangku kepentingan dalam program tersebut. Kedepan pihaknya berharap tidak berhenti hanya di seminar saja, namun berkembang lebih lanjut dan Bali menjadi central of excelent dari kegiatan keuangan dunia. (r/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News