Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Fakultas Biologi UGM melakukan penjajakan kerja sama dengan Taman Pintar Yogykarta. Penjajakan kerja sama dilaksanakan dalam upaya pengembangan museum menjadi lebih edukatif sebagai sumber pengetahuan masyarakat.

Dekan Fakultas Biologi UGM Dr. Budi Setiadi Daryono,M.Agr.Sc., menyampaikan bahwa Fakultas Biologi UGM memiliki tantangan dalam pengelolaan museum. Terlebih menjadi satu-satunya fakultas di UGM yang secara langsung mengelola museum.

“Pengembangan Museum Biologi sudah menjadi hal yang patut diupayakan seiring dengan pengembangan Ilmu Biologi dan meningkatnya tingkat pendidikan masyarakat,” katanya saat berkunjung ke Taman Pintar Yogyakarta, Kamis (20/7/2017)

Dalam lawatan tersebut Budi didampingi oleh Wakil Dekan Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Kerjasama, dan Alumni, Dr. Eko Agus Suyono, M.App.Sc., Kepala Departemen Biologi Tropika, Dr. Endang Semiarsi, M.S., M.Sc., serta Kepala Museum Biologi, Donan Satria Yudha, M.Sc.. Rombongan diterima secara langsung oleh Kepala Bidang Pengelolaan Taman Pintar Yogyakarta, Afia Rosdiana.

Baca Juga :  Astika Pande Paparkan Potensi Metaverse untuk Pendidikan di DTIK Festival 2024

Dalam kesempatan itu rombongan Fakultas Biologi membahas tentang peran Taman Pintar sebagai pusat ilmu pengetahuan yang akan menyajikan hasil-hasil penelitian yang dimiliki oleh Fakultas Biologi UGM dan Museum Biologi UGM. Secara berkala, Fakultas Biologi UGM akan menampilan hasil penelitian dari dosen, mahasiswa, dan kelompok studi mahasiswa di lingkungan Fakultas Biologi UGM serta koleksi Museum Biologi di Ruang Oval nantinya. Fakultas Biologi UGM juga akan membantu pihak Taman Pintar untuk memperbaharui materi pameran di “Zona Biologi”.

Tahapan selanjutnya yang akan dilakukan oleh tim Fakultas Biologi dan Taman Pintar adalah membuat draft perjanjian kerjasama bersama untuk realisasi program. Kedepan, kerjasama ini diharapkan dapat mengedukasi masyarakat, anak-anak, maupun siswa sekolah terkait penelitian di bidang biologi serta mengenalkan lebih dekat dengan keanekaragaman hayati asli Indonesia.

Baca Juga :  Sekda Dewa Indra Harap SMK Fest 2024 Jadi Wadah Siswa/i SMK Unjuk Prestasi dan Talenta

“Fakultas Biologi UGM ingin meningkatkan sinergi potensi yang dimiliki masing-masing institusi sehingga dapat dikembangkan sekaligus menjadi unggulan dan keistimewaan Yogyakarta juga bangsa”, pungkas Budi. (ika/humas-ugm/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News