Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – PT Astra Honda Motor (AHM) kembali dipercaya pemerintah melalui Kementerian Perindustrian untuk mengembangkan pendidikan vokasi SMK yang link and match dengan dunia industri. Kerjasama AHM dilakukan bersama 20 SMK wilayah Jawa Barat, dan disaksikan Presiden Joko Widodo, dalam rangkaian peluncuran program Vokasi Industri Provinsi Jawa Barat, yang berlangsung di Kawasan GIIC, Sukamahi, Cikarang, Jawa Barat, 28 Juli.

Komitmen AHM mendukung Kemenperin mengembangkan SMK proyek percontohan diperkuat dengan bantuan berupa 20 unit sepeda motor Honda, dan spesial tools praktek kerja bengkel kepada 20 SMK yang menjadi mitra binaan AHM. Dengan ditandatanganinya kerjasama ini, kini AHM bersama Kemenperin telah memiliki 52 SMK proyek percontohan berbasis kompetensi teknologi sepeda motor yang tersebar di DKI Jakarta, Banten, Sulawesi Selatan, Jawa Timur, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan kini memasuki Provinsi Jawa Barat.

Baca Juga :  Pembalap Muda Binaan Honda Ayumu Iwasa Akan Tampil Perdana di Sesi Latihan Bebas F1 Grand Prix Jepang 2024

Turut hadir dalam acara peluncuran program Vokasi Industri Provinsi Jawa Barat, yakni Menteri Kabinet Kerja antara lain Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto; Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhajir Effendy, serta Menteri Sekretaris Kabinet, Pramono Anung. Selain itu, hadir pula Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan.

Ketua Pendidikan Satu Hati AHM, Ahmad Muhibbuddin, mengatakan komitmen AHM dalam mengembangkan pendidikan vokasi sudah dimulai sejak tahun 2010 melalui implementasi Kurikulum Teknik Sepeda Motor (KTSM) Astra Honda. Melalui program ini, AHM membekali generasi muda yang tengah menimba ilmu di jenjang SMK supaya mampu memperkuat kompetensi tekniknya sesuai perkembangan teknologi di industri sepeda motor Tanah Air. “Sebagai pelaku indutri, kami ingin bersama-sama pemerintah melakukan masifikasi kesiapan tenaga terampil melalui pendidikan vokasi. Penguasaan pengetahuan dan keterampilan teknik sepeda motor yang mumpuni akan memudahkan siswa SMK terjun ke masyarakat memberikan layanan purna jual. Kami akan melanjutkan program KTSM Astra Honda ini yang kini telah diimplementasikan di 652 SMK di seluruh Indonesia,” ujar Muhibbuddin, yang juga menjabat sebagai Deputy Head of Corporate Communication AHM.

Baca Juga :  Jembrana Kota Wisata Otomotif, Anjungan Cerdas Rambut Siwi Akan Miliki Sirkuit Road Race

Sebelumnya, upaya AHM dalam mengembangkan KTSM Astra Honda diapresiasi pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan menobatkan AHM sebagai Perusahaan Pelopor Program Link and Match Bidang Keahlian TSM pada tahun 2013. Pada tahun 2017 ini, pemerintah melalui Kemenperin juga mengajak AHM untuk menjadi bagian dari pengembangan pendidikan vokasi yang link and match dengan industri melalui SMK Pilot project di Provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah, dan kali ini di Jawa Barat. (ngr/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News