BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Dalam rangka megisi liburan sekolah, ratusan siswa SMA se-Bali mengikuti program bela negara, yang diselenggarakan di Rindam IX/Udayana Kediri, Tabanan. Kegiatan bela negara ini berlangsung lima hari, mulai 13 Juni sampai dengan 17 Juni 2017.

Dansat Tar. Bela Negara Rindam IX/Udayana Letkol Inf. Leo Handoko, Rabu (14/6/2017), mengungkapkan, program bela negara pada TA 2017 diikuti 333 orang siswa, yang dikirim dari masing-masing kodim di Bali. “Masing-masing mengirimkan 40 orang, kecuali Buleleng dengan peserta terbanyak 53 orang,” ujarnya.

Para peserta mendapatkan pembekalan sejumlah materi latihan. Antara lain tentang wawasan kebangsaan, bahaya radikalisme, bahaya komunisme, proxy war, kepemimpinan, dan dasar konsensus. Selain itu juga ada materi tentang mahaya HIV/AIDS, bahaya narkoba, penanggulangan bencana, pengetahuan temu cepat lapor cepat, kedisiplinan, dan lain-lain.

“Selama penataran, peserta digembleng dalam sejumlah kegiatan yang sudah terjadwal, dengan melibatkan 27 personel pelatih dari Rindam IX/Udayana,” ujar Letkol Leo.

Sementara selama penataran juga ada lomba-lomba yang diselenggarakan setiap hari. Antara lain lomba kebersihan, kerapian, kekompakan, dan lain-lain. (ita/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :