Wabup Suiasa Buka Pameran Hasil Karya Siswa SMP-SMK Seni Ukir Tangeb

BALIPORTALNEWS.COM – Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa didampingi Kadis Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga I Ketut Widia Astika membuka Pameran hasil karya siswa-siswi SMP-SMK Seni Ukir Tangeb, Kamis (18/5/2017) ditandai pengguntingan pita. Turut hadir Kadis Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Provinsi Bali diwakili Kepala UPT Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga, Muspika Kecamatan Mengwi, Kepala SMK se-Kabupaten Badung, para pekerja dan pencinta Seni serta siswa-siswi SMP-SMK Seni Ukir Tangeb bertempat di Sekolah SMP-SMK Tangeb.

Kepala Sekolah SMP-SMK Seni Ukir Tangeb I Gusti Agung Megayasa melaporkan, hasil karya siswa yang dipamerkan sesungguhnya bertujuan untuk sebagai sarana promosi dalam rangka penerimaan peserta didik baru tahun pelajaran 2017-2018, karena kenyataan mengatakan pameran yang dilaksanakan tahun lalu ternyata cukup menjadi magnet tersendiri dalam rangka memotivasi minat siswa untuk belajar di SMK Seni Ukir Tangeb, sehingga jumlah siswa yang bersekolah di SMK Seni Ukir Tangeb menjadi meningkat.

Pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan pameran ini dipandang sebagai media sosialisasi untuk membangun kesadaran kolektif masyarakat untuk turut serta menjaga, memelihara dan melestarikan warisan seni dan budaya dalam kehidupan masyarakat Bali. Kagiatan pameran dan pertunjukan seni ukir ini menjadi wadah dan ajang yang sangat baik bagi anak-anak muda untuk terus berkiprah serta berkreasi dalam upaya pembangunan dan pelestarian budaya.

Suiasa mengharapkan, kegiatan pameran ini dapat menjadi momentum bagi revitalisasi semangat berkreasi dan berinovasi anak bangsa dalam pelestarian dan pembangunan seni budaya. Kegiatan pameran dan pertunjukan seni ukir ini merupakan salah satu upaya yang mempunyai nilai yang sangat strategis dalam rangka menjaga dan memelihara kelestarian budaya, nilai-nilai dan kearifan lokal yang menjadi warisan leluhur yang adi luhung. Melalui kegiatan pameran ini pula, dapat menjadi salah satu media promosi pariwisata yang berbasiskan adat dan budaya (Cultural Tourism) yang menjadi salah satu andalan pada sektor kepariwisataan yang perlu dikembangkan secara berkelanjutan (Sustainable Tourism).

Sementara itu Kadis Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Provinsi Bali dalam sambutannya yang dibacakan Kepala UPT Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Provinsi Bali Yuli menyampaikan, kegiatan pemeran ini salah satu tujuannya adalah untuk melestarikan budaya luhur bangsa Indonesia serta untuk menghasilkan karya seni sesuai kompetensi dan prestasi dibidang seni dan budaya.

Pameran hasil karya siswa SMP-SMK Seni Ukir Tangeb ini agar dijadikan momentum untuk mengevaluasi diri dalam kelembagaan, karena evaluasi diri merupakan salah satu indikator untuk melihat seberapa jauh lembaga pendidikan mampu menghasilan sumber daya manusia yang berkualitas untuk mendukung program Pemerintah dalam bidang pembangunan di Provinsi Bali. (humas-bdg/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :