UN Kejar Paket A di Denpasar Diikuti 113 Peserta

BALIPORTALNEWS.COM – Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK) Kejar Paket A periode pertama 2017 digelar mulai Senin (15/5/2017) hingga Rabu (17/5/2017). Di Kota Denpasar, UNPK Kejar Paket A diikuti 113 peserta dari sembilan PKBM.

Pelaksanaan ujian dipusatkan di SDN 17 Dangin Puri, dengan pengawasan ketat dari panitia ujian. Peserta UNPK Kejar Paket A wajib mengikuti lima mata pelajaran yang diujikan, yaitu Bahasa Indonesia, Pendidikan Kewarganegaraan, Matematika, IPS dan IPA.

“Secara keseluruhan setiap mata pelajaran yang diujikan diberi alokasi waktu 120 menit atau dua jam,” kata Kabid Pembinaan PAUD dan PNF Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kota Denpasar, Made Merta.

Berbeda dengan pelaksanaan UNPK Paket C dan B yang sudah ada menyelenggarakan ujian berbasis komputer, pada UNPK Paket A ini seluruh rangkaian ujian masih menggunakan kertas dan pensil. Tercatat sebagai peserta termuda pada UNPK Paket A ini adalah Allexio Raven Raditya Soetantyo L, kelahiran Singapura, 27 Maret 2007 dari PKBM Home Schooling Prigama. Sementara peserta tertua atas nama Gusti Ngurah Bagus Jaya Mahendra, kelahiran Denpasar, 5 Mei 1999 dari PKBM Niti Mandala Club.

Made Merta menambahkan, pendidikan non-formal dan formal memiliki kualitas yang setara. Jadi out put yang dihasilkan dari kejar paket setara dengan kualitas yang dihasilkan dari pendidikan formal.

Karena itu, ia berharap, lembaga pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan non-formal diharapkan mendapat tempat di hati masyarakat, karena lulusan yang dihasilkan benar-benar sama dengan sekolah formal. (tis/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :