Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Delegasi UGM berhasil memborong 17 medali dari Olimpiade Nasional MIPA tingkat perguruan Tinggi (ON MIPA PT) 2017 yang digelar pada 14-17 Mei 2017 di Semarang. Pada kejuaraan ini UGM membawa pulang 2 medali emas, 5 medali perak, dan 10 medali perunggu. Disamping itu memperoleh 6 medali Honorable Mention.

Medali emas diraih oleh Ricky The Ising di bidang matematika berhasil dan Hanna Fauzyyah pada bidang biologi. Selanjutnya  medali perak diperoleh Gary Ariel dan Muhmammad Ikhsan dari bidang matematika serta Maria patricia, Anang Rizky Muharom, dan Pratiwi Indah dalam bidang biologi.

Berikutnya, perolehan medali perunggu diraih Resita Sri Wahyuni, Mufti Al Umam, Mu’ammar Musa, Alzimna Badril Umam di bidang matematika. Lalu, Kurniawan di bidang fisika, Ali Bahri Lubis, Yudha Ramanda, Regina Rachel Gunawan di bidang kimia serta Roihan Muhammad Iqbal dan Amelia Nur Khasanah di bidang biologi.

Sementara penghargaan honourable mention diperoleh Rizky Ananda, Arifin Achmad, Juhri Hendrawan dalam bidang fisika, dan Faizal Aziz, Thomas Edison, serta Hendra di bidang kimia.

Baca Juga :  Astra Siaga Lebaran 2024, Siap Temani Pemudik dengan 299 Bengkel dan 805 Teknisi

Kasubdit Kreativitas Mahasiswa Direktorat Kemahasiswaan UGM, Ahmad Agus Setiawan, S.T., M.Sc., Ph.D., mengungkapkan rasa bangga atas prestasi yang diperoleh delegasi UGM. Pasalnya, capaian dalam ON MIPA tahun ini menunjukkan peningkatan dibanding tahun sebelumnya yang meraih 17 medali.

“Hasil yang diperoleh tidak lepas dari semangat mahasiswa untuk terus berlatih dan berkembang. Ditambah dengan dukungan dan pembinaan yang dilakukan secara berkelanjutan oleh para dosen dan pelatih tingkat departemen, fakultas, dan universitas,”paparnya, Kamis (18/5) di Kampus UGM.

Agus mengatakan bahwa pembinaan bagi para mahasiswa dilakukan sejak awal tahun dimulai dengan pelatihan praseleksi. Berikutnya, dilanjutkan dengan seleksi internal di UGM untuk maju ke tingkat regional. Para mahasiswa yang lolos di regional diberikan pelatihan secara intensif dan mengikuti boot camp.

“Terima kasih  terima kasih kepada seluruh dosen pembina, serta mahasiswa yang telah berjuang hingga titik ini,”ucapnya.

Ditambahkan Agus, khusus untuk pemenang bidang matematika nantinya akan diseleksi kembali di tingkat nasional untuk mewakili International Mathematic Competition (IMC) 2017 di Bulgaria. Karenanya, pihaknya menyiapkan strategi dan pelatihan kepada kontingen UGM agar dapat lolos melaju ke tingkat internasional.

Direktur Kemahasiswaan UGM, Dr. Senawi juga menyampaikan rasa bangga atas capaian yang diperoleh delegasi UGM di kompetisi ON MIPA 2017. Dia berharap tim ON MIPA UGM dapat terus berkembang lebih baik lagi.

Baca Juga :  PT Honda Prospect Motor Umumkan Shugo Watanabe Sebagai Presiden Direktur Baru

“Alhamdulillah UGM selalu meraih banyak medali di setiap kompetisi ON MIPA. Komitmen kami, insyaa Allah senantiasa mendukung mahasiswa untuk unjuk gigi di kancah nasional dengan memfasilitasi kebutuhan mereka dimulai dari persiapan hingga pelaksanaan kompetisi,” tutur Senawi. (ika/humas-ugm/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News