Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Tim Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Gadjah Mada (MAPAGAMA) berhasil menjelajahi gua-gua karst di Thailand. Dalam penjelajahan yang dilakukan sejak 4 Mei 2017 , tim Mapagama sukses mengeksplorasi dan memetakan gua di 4 distrik di Provinsi Santun, Thailand.

Heni Ismawati, salah satu atlet Mapagama yang mengikuti ekspedisi di Thailand mengatakan tim Mapagama telahmengeksplorasi sejumlah gua di 4 distrik provinsi Santun yaitu Ngu Distrik, La Ngu, Manang dan Khuan Ka Long. Eksplorasi meliputi observasi geomorfologi kawasan karst Thailand Selatan  dan memetakan 7 gua yang keseluruhan memiliki ciri khas seperti komposisi batuan tua dan dominan campuran argillaceous limestone dan pure limestone.

Baca Juga :  Mudik Ala POCO Tetap Asik dengan Hape Mulai dari Sejutaan

“Kami juga mengadakan presentasi di Satun Geopark sebelum melakukan observasi kawasan dan pemetaan gua” jelas Heni.

Dari penjelajahan yang telah dilakukan, tim Mapagama berhasil menemukan 26 koordinat titik mulut gua. Dari jumlah tersebut tiga diantaranya ditemukan di pulau Taban yang dikenal memiliki 50 gua baik horizontal, vertikal dan hanging cave.

Ditambahkan Heni, selama eksplorasi tim juga berhasil melakukan observasi dan wawancara langsung Kepala Suku Maniq Manang serta warganya yang hidup di pedalaman hutan Thailand Selatan. Jumlahnya kini hanya berkisar 300-an orang dan tersebar di 4 distrik Thailand Selatan.

“Kami berharap dapat terus menjalin kolaborasi dengan Satun Geopark guna meningkatkan kualitas pengelolaan kawasan kawasan karst maupun konsep geopark dalam upaya perlindungan kawasantersbeut,”papar Heni.

Baca Juga :  UGM Terima 2.821 Calon Mahasiswa Baru Jalur SNBP

Ekspedisi gua di Thailand ini merupakan ekspedisi internasional MAPAGAMA yang ke empat. Sebelumnya, ekspedisi pertama “River of Gold” di Nepal (2013), ekpsedisi kedua “Rock of Pyramid” di China (2013), dan ekpedisi ketiga “Peak of The Ancestor” di India (2016).

Dalam ekpespedisi Thailand ini Mapagama mengirimkan tujuh anggota. Mereka adalah Fahmi Arsyad (Fakultas Peternakan), Dimas Dirham (Fakultas Geografi), Hajar Lutvia (Fakultas Kehutanan), dan Mohammad Anwar (Sekolah Vokasi). Berikutnya, Heni Ismawati (Sekolah Vokasi), Farah Aida I.K.Al Umar (FIB), Muhammad Ilham (Fakultas Teknik). (ika/humas-ugm/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News