Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Kapolri Jenderal Tito Carnavian, mengatakan peran mahasiswa sangat penting di era globalisasi seperti sekarang ini.

“Peran mahasiswa antara lain, pertama menjadi generasi patuh jukum. Kedua menjadi agent of change di antaranya dalam lingkungan keluarga, lingkungan pendidikan, lingkungan tempat tinggal dan lingkungan kerja,” tegas Kapolri dalam makalah yang disampaikan Staf Ahli Kapolri Irjen Pol. Dr. Ike Edwin, MH, MM., pada seminar nasional yang diikuti BEM se-Indonesia di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah,  Ciputat, Tangerang, 2 Mei 2017.

Baca Juga :  OJK Bali dan Badan Zakat Nasional Menyelenggarakan Kegiatan Edukasi Keuangan Syariah

Lanjut dikatakan Kapolri, peran mahasiswa yang ketiga adalah mendi generasi pembelajar artinya terus belajar dan mengembangkan potensi diri dalam menghadapi tantangan. Kemudian yang terakhir tumbuhkan pemikiran soluktif, jangan rusak situasi ekonomi dan stabilitas politik-keamanan.

Yang menarik, dalam menyambut kedatangan Dang Ike (pangilan akrab Irjen Polm Ike Edwin) mahasiswa menampilkan musik dengan alat-alat perabot rumah tangga dan kaleng-kaleng bekas yang biasa kita kenal dengan perkusi. Hal itu membuat Dang Ike terharu.

“Ayo bagaimana perasaan saya saat disambut dengan alat musik tadi?”, tanya Dang Ike usai menyampaikan materi kepada BEM.

Dang Ika mengatakan sangat terharu. “Saya menyampaikan tema globalisasi namun disuguhkan musik-musik dari alat-alat bekas yang tak terpakai, ini saya lihat waktu masa kecil saya, kini saya melihatnya kalian kreatif memainkan alat musik super tradisional ini, nah kalian tahu apa yang saya takutkan dari alat musik tadi? tanya Dang Ike.

Baca Juga :  Lima Siswa SMA Negeri 4 Denpasar Raih ‘Best Poster’ dan ‘Gold Medal’ di Youth Internasional Science Fair

Spontan Dang Ike menjawab. “Saya paling ngeri liat botol, sebab waktu ada demo mahasiswa biasa botol itu dipakai lempar polisi dan dijadiakan bom molotov saat unjuk rasa,” canda Dang Ike disambut gelak tawa oleh mahasiswa. (znd/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News