Samar Gantang Akan Bawakan Puisi Modre Ke Jerman

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Sastrawan asal Tabanan, I Gusti Putu Bawa Samar Gantang, kembali mengharumkan nama Tabanan. Kali ini, penyair tersebut akan mengikuti acara Poetry On The Road  yang berlangsung pada 7-12 Juni 2017, di Bremen, Jerman.

Dalam acara tersebut, Samar Gantang akan membawakan kumpulan puisi modre dari buku ‘Satus Nemdasa’, yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Jerman dan Bahasa Inggris, atas bantuan dana dari Pemerintah Kabupaten Tabanan.

Sebelum keberangkatan ke Jerman, Samar Gantang bertemu dengan Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti, untuk minta restu dan mengucapkan terima kasih atas dukungan bupati.

“Saya berterima kasih kepada Bupati Tabanan, karena telah memberikan dana untuk penerjemahan karya sastra ini, sehingga masyarakat di Jerman dan Inggris yang tidak mengerti bahasa Indonesia, khususnya Bahasa Bali, dapat memahami dan mengerti tentang apa yang saya pentaskan nanti. Saya juga minta dukungan Bupati Tabanan agar kegiatan yang kami ikuti di Jerman nanti dapat terlaksana dengan baik,” ungkapnya.

Sementara Bupati Eka juga memberikan dukungan dan apresiasi kepada sastrawan asal Tabanan tersebut, dalam mengenalkan sastra Indonesia, khususnya sastra Bali. ini merupakan wujud semangat kecintaan dan kebanggaan seorang warga Indonesia, dan juga Tabanan.

“Aktivitas diplomasi budaya yang dilakukan sastrawan kita patut didukung dan diberikan apresiasi setinggi-tingginya. Kabupaten Tabanan dalam hal ini memberikan dukungan puisi Modre, adalah sebuah cermin ekspresi subkultur lokal Bali yang berisi kekayaan dan kekentalan budaya dan seni yang diwariskan dari generasi tua Bali kuno, sejak beratus-ratus tahun lalu. Ini bisa dimaknai sebagai modal kekuatan budaya bangsa,” ungkap Bupati Eka.

Dia berharap, pengenalan dan pembacaan puisi modre Bali dalam acara ‘Poetry On The Road’ maupun even lainnya di Jerman dan Belanda dapat membawa nama harum Indonesia, khususnya Tabanan. (ita/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :