Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Balai Besar MKG Wilayah III Denpasar merilis melaporkan, gempa bumi tektonik kembali mengguncang wilayah Buleleng dan dirasakan sekitar Tejakula, Sabtu (20/5/2017) sekitar pukul 22.24.36.

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi memiliki kekuatan 2,5 SR dengan episenter pada koordinat 8,11 LS dan 115,04 BT, tepatnya di laut pada jarak 16 km TimurLaut BULELENG pada kedalaman 10 kilometer.

“Dampak gempabumi tersebut menimbulkan guncangan pada skala intensitas II SIG-BMKG atau III MMI di wilayah Buleleng bagian timur, seperti Tejakula, Bondalem, Yeh Sanih, Les, Tembok, Tianyar,” jelas Kepala Balai Besar MKG Wilayah III Denpasar, Drs. M. Taufik Gunawan, Dipl SEIS.

Di wilayah tersebut berdasarkan laporan warga, dalam rilis BMKG disebutkan, gempabumi dirasakan beberapa orang. Namun demikian, hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan akibat gempabumi.

Baca Juga :  Gelar Governansi Insight Forum, OJK Dorong Penguatan Tata Kelola dan Integritas

“Jika ditinjau lokasi pusat gempabumi dan kedalaman hiposenternya gempabuni merupakan gempa dangkal akibat aktivitas sesar aktif. Adapun mekanisme sumber gempa ini berupa sesar turun dengan sedikit unsur mendatar (oblique normal),” jelas Gunawan.

Terkait dengan peristiwa gempabumi yang mengguncang wilayah timur laut Bali ini, maka kepada warga setempat dihimbau agar tetap tenang, kerena tidak berpotensi tsunami. (r/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News