BALIPORTALNEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Badung melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) bersiap menyambut pelaksanaan IMF dan World Bank (WB) Annual Meeting (Pertemuan Tahunan) yang akan dilaksanakan pada 12-14 Oktober 2018 di ITDC Nusa Dua, Bali. Pemerintah pun akan fokus tangani kebersihan dan mempercantik seluruh taman yang ada dalam menyambut event bertaraf internasional tersebut.

Menurut rencana, IMF-WB Annual Meeting diperkirakan dihadiri 15 ribu sampai 30 ribu peserta. Berbagai persiapan menyambut event ini sudah dilakukan baik oleh pemerintah pusat maupun Provinsi Bali. Tak terkecuali di Kabupaten Badung selaku tuan rumah dalam penyelenggaraan ini. Salah satu persiapan yang dilakukan adalah soal penanganan kebersihan.

“Event internasional akan dilaksanakan di Bali yakni IMF-WB Annual Meeting, jadi DLHK sebagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Badung akan bertanggung jawab masalah kebersihan dan pertamanan,” tegas Kepala DLHK Badung I Putu Eka Merthawan, Minggu (7/5/2017).

Dalam upaya turut menyukseskan event tersebut, kata Merthawan, pihaknya menegaskan segera bergerak untuk berkoordinasi dengan lintas instansi. Menurutnya, masalah kebersihan dan keindangan taman dinilai penting, karena bagian dari citra Bali sebagai daerah tujuan wisata. “Dengan program yang kami sebut, Badung Pro Lingkungan, kami akan menciptakan Badung yang bersih, hijau dan berbunga. Tentu DLHK tidak bisa sendiri, kami harus berintegrasi dengan OP lainnya seperti Dinas Pariwisata, Dinas PUPR, Satpol PP,” terang birokrat asal Sempidi, Mengwi itu.

Guna optimalnya peran Badung sebagai tuan rumah, DLHK telah mengusulkan anggaran pada APBD Perubahan 2017 dan APBD 2018 terhadap perombakan taman dan penambahan taman baru. “Kami harapkan dengan tata kelola kebersihan yang lebih komprehensif dan peremajaan taman yang akan dilakukan dapat memberi citra positif bagi peserta yang datang ke IMF-WB Annual Meeting,” harap Merthawan.

Sebagai langkah awal, ungkapnya, pihaknya telah melakukan giat bersih-bersih pantai bekerjasama dengan Dinas Pariwisata dan ITDC Nusa Dua, pada Jumat (5/5) lalu.

“Kami bersih-bersih pantai seputar pulau paninsula. Kami libatkan peserta sebanyak 1.000 orang terdiri dari staf DLHK 700 orang dan orang 300 orang dari staf Disparda Badung dan ITDC Nusa Dua,” terang mantan Kabag Humas dan Protokol Setda Badung itu. (humas-bdg/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :