Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Pujawali di Pura Luhur Tanah Lot, Kediri, Tabanan, tak pernah sepi pemedek. Ribuan umat Hindu memadati pura di tengah laut itu, serangkaian upacara pujawali, Rabu (19/4/2017).

Pemedek datang dari berbagai daerah di Bali. Antreannya mulai terjadi sejak pagi hingga malam hari. Piodalan di Tanah Lot ini juga bersamaan dengan di Pura Batu Bolong dan Pura Penataran di kawasan Tanah Lot.

Iring-iringan pemedek menambah keindahan wisata Tanah Lot. Tak jarang, wisatawan berburu mengabadikan momen langka tersebut. Apalagi menjelang sore, arus wisatawan semakin bertambah. Mereka ikut berbaur di bibir pantai bersama para pemedek.

Menurut Manajer Operasional DTW Tanah Lot, I Ketut Toya Adnyana, upacara piodalan ini menambah daya tarik wisatawan. Karena itu, banyak yang menunggu upacara ini untuk menikmati kawasan wisata Tanah Lot.

Baca Juga :  PJ Gubernur Bali Ajak Masyarakat Bali Perkuat Dharma Agama dan Dharma Negara di Dharma Santi Nyepi Tahun Saka 1946

Untuk upacara “ngaturang pujawali” di Pura Luhur Tanah Lot dilaksanakan sejak pukul 01.00 wita dinihari sampai 23.00, dipuput Pemangku Gede Pura Luhur Tanah Lot, Mangku Semudra. Sementara sehari sebelumnya, Selasa 18 April 2017, dilaksanakan upacara “Ngebejian Ida Bethara” di Beji Kaler Pura Luhur Tanah Lot. Upacara itu dilaksanakan pukul 17.00, untuk menyucikan atau membersihkan semua “pratima” (benda sakral) yang akan dipakai dalam piodalan besoknya dengan air suci dari beji di Pura Luhur Tanah Lot. (ita/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News