Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Sebanyak 27 peserta terdiri dari perawat atau bidan jajaran Rumah Sakit Bhayangkara Denpasar, Rumah Sakit Bakti Rahayu dan Klinik Swasta mengikuti pelatihan Basic Trauma and Cardiac Life Support (BTCLS) selama 5 hari mulai tanggal 18 s.d 22 April 2017 di Gedung Kemala Hikmah Polda Bali. Kegiatan tersebut terselenggara atas kerjasama pihak Rumah Sakit Bhayangkara Denpasar Polda Bali dengan Ambulan Gawat Darurat 118 (AGD) Bali.

Kaur Diklit Rumkit Bhayangkara Denpasar Penda Ni Ketut Wirati, Amd. Keb mengatakan bahwa tujuan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan atau kompetensi dalam melakukan tindakan saat terjadi trauma dan kegawatdaruratan. Saat ini BTCLS telah menjadi persyaratan mutlak untuk setiap perawat dan bidan yang bekerja di pelayanan kesehatan.

Baca Juga :  Indosat Ooredoo Hutchison Mempersembahkan Kampanye ‘Indosat Berkah Ramadan 2024’

BTCLS atau pemberian bantuan hidup dasar dalam asuhan keperawatan gawat darurat dapat terjadi pada setiap sistem tubuh. Hal ini terjadi akibat trauma atau gangguan sirkulasi pada sistem jantung  dan paru-paru. “Pemberian bantuan hidup dasar pada waktu dan cara yang tepat akan mengurangi angka kematian dan kecacatan,” ujar bidan kelahiran Desa Mambal Badung ini.

Lebih lanjut, wanita murah senyum ini mengungkapkan bahwa pihaknya mendatangkan instruktur yang berpengalaman dan memiliki keahlian dibidangnya, seperti dokter spesialis bedah dan penyakit dalam. Dalam pelaksanaannya, diawali dengan pemberian materi selanjutnya peserta melaksanakan praktek. Adapun materi yang diberikan yaitu trauma pediatrik, wanita hamil dan geriatric, biomekanika trauma, keracunan, triage, trauma thoraks dan abdomen, trauma kepala dan spinal, luka bakar dan trauma muskuloskletal. “Para peserta akan mengikuti ujian, jika lulus akan mendapat dua sertifikat yaitu dari Kementerian Kesehatan dan AGD,” imbuhnya. (binaw/humas-poldabali/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News