Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM –Sekitar 10.000 umat mengikuti upacara piodalan di Pura Luhur Muncaksari, di Banjar Dinas Anyar, Desa Sangketan, Kecamatan Penebel, Tabanan, Rabu (26/4/2017). Warga pengempon Pura Luhur Muncaksari terdiri dari empat banjar adat, antara lain Desa Pakraman Puluk-puluk, Desa Tengkudak, Desa Pakraman Tingkihkerep, Desa Tengkudak, Desa Pakraman Anyar, Desa Sangketan, dan Desa Pakraman Puring, Desa Sangketan.

Pujawali di Pura Luhur Muncaksari jatuh Pada hari Rabu, bertepatan dengan Buda Umanis Wara Medangsia. Upacara dipuput oleh Pemangku Pura Luhur Muncaksari, I Wayan Sudarma. Penyejeran sampai dengan Sabtu, 29 April 2017.

Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara Hadiri Pemelaspasan Patung Tonggak Sejarah Pura Dalem Pengembak Sanur

Rangkaian pujawali di Pura Luhur Muncaksari, Rabu (26/4/2017), antara lain Ida Betara mesiram, nganteb pujawali, rejang penyaksi, ngider kidung, linggih agung, rejang pemedek, dan mapica.

Dalam pelaksanaan pujawali di Pura Luhur Muncaksari, pemedek yang melaksanakan persembahyangan bukan hanya dari Kecamatan Penebel, namun juga dari luar daerah. “Dalam rangka pengamanan upacara tersebut, kami dari Polsek Penebel menurunkan sepuluh personel untuk pengamanan sampai acara selesai,” ujar Kapolsek Penebel AKP I Nengah Sudiarta.(ita/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News