Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Irjen Pol. Dr. Drs. Ike Edwin, MH., MM., sebagai Perdana Menteri dan tokoh Lampung, membakar semangat mahasiswa untuk bersama-sama menyerukan salam jari L (salam Lampung bermartabat), saat menghadiri

HUT ke-11 Himala (Himpunan Mahasiswa Lampung) di STT PLN Rawa Buaya, Jakarta Barat, Selasa (25/4/2017)

Dalam sambutannya, Dang Ike Edwin-sapaan akrab Ike Edwin -memaparkan sejarah Pepadun (tempat duduk Raja di Kerajaan Lampung) dan menceritakan sejarah Pepadun yang mulai dilupakan generasi muda. Tak hanya itu dalam kesempatan tersebut Dang Ike Edwin juga menjelaskan tentang fenomena salam Lampung salam bermartabat.

“Salam L itu saya yang menciptakan dan sudah saya kampanyekan salam L Lampung, salam bermartabat. Meskipun itu ide saya namun saya tidak mengatakan itu Salam milik saya, siapa saja boleh mengakuinya, karena tujuannya adalah salam L untuk kebanggaan masyarakat Lampung bermartabat. Saya memperkenalkan salam Lampung sejak Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kapolwiltabes Surabaya hingga saat Kapolda Lampung dan kini saya sebagai Staf Ahli Kapolri Bidang Sospol tetap saya bangga mengajak Salam Lampung bermartabat,” papar Dang Ike Edwin memberikan sambutannya.

Baca Juga :  Manfaatkan Kekuatan CBR250RR, Pebalap Astra Honda Kibarkan Merah Putih di ARRC China

Namun, masih lanjut Dang Ike Edwin, sangat menyayangkan jika salam L dipakai untuk Politik. Misal, salam L Lampung menjadi salam Lanjutkan, itu mencederai niat awal ditelurkannya salam L sehingga tidak seharusnya dibawa ke ranah politik karena ini menjadi salam kebanggan masyakat Lampung.

“Saya tidak setuju jika salam L dipelintir untuk kepentingan politik. Saya mencetuskannya harus pakai tangan kanan, jari L menggunakan tangan kanan filosofinya buat yang baik-baik kata orang tua kita dulu, yang jelek-jelek dikonotasikan tangan kiri. Makanya aaya selalu menyarankan salam L harus pakai tangan kanan,” imbuhnya.

Baca Juga :  PLN Mobile Proliga 2024 Siap Digelar, Kolaborasi Dukungan Untuk Pengembangan Voli di Tanah Air

Acara HUT Himala yang dihadiri Wakil Ketua Komnas HAM, Ansori Sinungan, Pimpinan STT PLN, Raja Adat Kerajaan Maros dan Raja Kerajaan Pare-pare.  Bahkan presentarnya juga memggunakan bahasa Lampung dan diterjemahkan ke Bahasa Indonesia.

Dalam mengakhiri sambutannya, Dang Ike Edwin mengajak seluruh undangan kehormatan dan para mahasiswa yang menghadiri HUT Himala untuk mengangkat tangan dan menunjukkan salam L Lampung bermartabat. “Saya hitung satu, dua, tiga, Salam Lampung Bermartabat,” tutup mantan Kapolda Lampung. (znd/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News