Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Bupati Badung Giri Prasta hadiri upacara Ngenteg Linggih di Pura Dalem Panglan, Desa Kapal Kecamatan  Mengwi, Selasa (11/4/2017). Turut hadir dalam kesempatan tersebut  Camat Mengwi  I Gusti Ngurah  Jaya Saputra  serta tokoh masyarakat  setempat.

Giri Prasta dalam kesempatan tersebut menyambut baik memberikan apresiasi pada pengempon pura yang sudah bergotong royong dalam melaksanakan pembangunan pura dan dilanjutkan dengan upacara Karya Mamungkah, Ngenteg Linggih ,Mupuk Pedagingan  lan Mapedudusan Agung.

“Kekompakan dan gotong royong ini merupakan modal penting untuk melaksanakan pembangunan dan ini harus tetap dipertahankan sehingga dapat terwujudnya kesejahteraan masyarakat. Mudah-mudahan pelaksanaan upacara ini berjalan lancar,” ungkap Giri Prasta.

Lebih lanjut Pejabat asal Petang menyampaikan kepada masyarakat agar dresta dan awig-awig yang sudah ada di Panglan bisa diteruskan kepada generasi muda. “Hal ini adalah tugas dari penglingsir desa agar Dresta desa dan awig-awig bisa diteruskan kepada generasi muda sehingga generasi muda paham dresta dan awig-awig desa sehingga kedepannya dapat terwujud persatuan dan kekompakan generasi muda terutama dalam melestarikan adat serta budaya Bali,” pesannya.

Baca Juga :  FPRB Tanjung Benoa Beberkan Implementasi 12 Indikator Tsunami Ready di Barcelona

Sementara itu Ketua Panitia Karya, I Gst. Ngurah Sudana mengatakan dengan telah berakhirnya pembangunan pelinggih di Pura Dalem Panglan, Desa Kapal Kecamatan Mengwi, masyarakat Desa Adat Panglan melaksanakan Karya Mamungkah, Ngenteg Linggih, Mupuk Pedagingan  lan Mapedudusan Agung  yang puncaknya akan dilaksanakan  pada Selasa kliwon medangsia,  25 April 2017 yang akan datang.

“Adapun Susunan Karya ini di awali pada  Selasa kliwon Dukut, 10 januari  2017 dengan melaksanakan upacara matur piuning  dan  ngeruak,  selanjutnya Rabu umanis Dukut 11 januari 2017 di laksanakan nyukat  karang ,dan hari ini  Selasa umanis (11/4) dilaksanakan melaspas pelinggih lan mendem pedagingan,” ungkap I Gst. Ngurah Sudana.

Baca Juga :  Kwarcab Badung Gelar Karya Bakti Lebaran 2024

Upacara ini di puput  oleh tiga sulinggih  yaitu Ida Peranda dari Griya Timbul Mengwi,  Ida Peranda Grya Buda Banjar Jadi Tabanan dan Ida pedanda Griya Sidemen Gulingan Mengwi.

Dalam upacara tersebut Bupati Badung Giri Prasta didaulat untuk melaksanakan Mendem Sekar di Pelinggih Gedong dan menandatangani prasasti yang dilanjutkan melakukan persembahyangan dengan masyarakat pengempon Pura Dalem Panglan. di akhir persembahyangn Bupati Giri Prasta juga memberikan punia sebesar Rp 500 juta. (humas-bdg/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News