Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Bali, Jumat (7/4/2017) akan mendistribusikan paket soal Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP)  ke masing-masing kabupaten/kota se-Bali.

“Soal UN sendiri akan didistribusikan dengan kawalan ketat petugas kepolisian. Paket soal terdiri atas naskah soal, lembar jawaban UN, daftar hadir, dan berita acara,” kata Sekretaris Disdik Bali, Wayan Serinah melalui Kepala UPT Balai Pengembangan Teknologi Pendidikan dan Tugas Perbantuan (BPTP-TP) Disdik Provinsi Bali, Ni Made Metti Utami, Kamis (6/4/2017).

Jumlah paket soal UNKP SMA/SMK yang dikirim ke daerah yakni 494 dus akan dibagikan ke sembilan kabupaten dan kota di Bali. Rincinya, 397 dus soal UN SMA, sedangkan untuk SMK sebanyak 97 dus.  Lalu untuk soal ujian Paket C cukup banyak mencapai 21 dus dan soal ujian SMALB sebanyak 14 dus.

Untuk masing-masing Kabupaten/kota bervariasi. Untuk jenjang SMA, seperti di Kota Denpasar sebanyak 62 dus, Bangli 11 dus, Klungkung 44 dus, Karangasem 52 dus, Buleleng 97 dus, Jembrana 51 dus, Tabanan 43 dus, dan Badung 37 dus. Sementara jenjang SMK, di Kota Denpasar sebanyak 34 dus, Bangli 11 dus, Klungkung 9 dus, Karangasem 8 dus, Buleleng 5 dus, Jembrana 8 dus, dan Badung 13 dus. “SMA di Gianyar 100% UNBK, dan SMK di Tabanan UNBK 100%.Seluruh proses pendistribusian, mulai dari pemuatan naskah UN ke truk, pemberangkatan, sampai penyerahan itu 24 jam dijaga polisi,” ujar Metti Utami.

Baca Juga :  Kwarcab Badung Tempa Generasi Muda Tangguh Lewat Dianpinru dan Dianpinsat 2024

Saat soal sampai di kabupaten/kota, lanjut Metti Utami, petugas hanya boleh mengecek jenis amplop dan menghitung koli. “Koli boleh dibuka, untuk memastikan jumlah soal cukup. Karena jadwal pengiriman masih ada jeda sebelum ujian, diharapkan bagi Dinas Pendidikan setempat segera melapor jika terjadi kesalahan dan kekeliruan untuk segera diproses,” tegas Metti Utami.

UN pada SMA/SMK akan mulai dilaksanakan pada 10-13 April 2017. Berdasarkan validasi data terakhir yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Bali, peserta UN tingkat SMA/MA, SMALB dan SMK tahun 2017 ini berjumlah 54.933 peserta. Dengan rincian  untuk SMA/MA sebanyak 27.823 siswa, terdiri dari peserta UNBK sebanyak 14.355 siswa dan sebanyak 13.468 siswa merupakan peserta UNKP. Sementara 31 siswa SMALB seluruhnya mengikuti UNKP.

Baca Juga :  Sekda Dewa Indra Harap SMK Fest 2024 Jadi Wadah Siswa/i SMK Unjuk Prestasi dan Talenta

Sedangkan untuk SMK jumlah total peserta sebanyak 27.079 orang dengan rincian peserta CBT sebanyak 19.301 siswa sedangkan untuk UNKP sebanyak 7.778 siswa. “Jadwal UN dan UNBK sama,  namun perbedaanya pada pelaksanaannya,  UNBK dilakukan 3 sesi sedangkan kertas tulis hanya satu sisi” pungkasnya. (pra/bpn;  foto : google.com)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News