Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Polda Bali sangat gencar mensosialisasikan penerimaan anggota Polri Tahun Anggaran 2017 melalui media cetak, online dan elektronik. Tujuannya adalah agar masyarakat lebih tahu tentang informasi mengenai proses pendaftaran dan pelaksanaan saat mengikuti tes seleksi sehingga animo masyarakat Bali lebih banyak untuk mendaftar menjadi anggota Polri.

Atas hal tersebut, Kepala Sub Bagian Penyedia Personel (Kasubbag Diapers) Polda Bali Kompol I Ketut Dana, S.H. melaksanakan kegiatan dialog interaktif sekaligus sebagai narasumber di Radio RRI Pro 1 FM 88,6 Mhz, Senin (3/4/2017). Dialog interaktif yang dipandu pembawa acara Widiawati dan Nana tersebut, bertemakan “ Penerimaan Terpadu Anggota Polri T.A 2017 “.

Dalam acara tersebut, Kompol I Ketut Dana, S.H menyampaikan bahwa proses penerimaan anggota Polri tahun  2017 dilaksanakan dengan prinsip Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis (BETAH) dan Clean and Clear. “Pendaftaran penerimaan anggota Polri sudah dibuka dari tanggal 14 Maret sampai dengan 15 April 2017 dilaksanakan secara terpadu yaitu Akpol, Bintara dan Tamtama,” ujarnya.

Tidak kalah penting, Kapolda Bali Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose juga mengeluarkan maklumat terkait proses penerimaan anggota Polri untuk tahun ini. Adapun isi dari maklumat tersebut yaitu untuk Panitia Daerah Bali dilarang menambah, mengurangi, merekayasa, dan melakukan penyimpangan lain dalam melakukan pemeriksaan dan penilaian, serta dilarang melakukan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) dan konspirasi serta menjanjikan ataupun membuat janji dengan atau kepada siapapun untuk membantu atau menolong kelulusan calon dengan meminta atau menerima imbalan dalam bentuk apapun.

Baca Juga :  Indosat Ooredoo Hutchison Mempersembahkan Kampanye ‘Indosat Berkah Ramadan 2024’

Sedangkan untuk orang tua / wali dan peserta seleksi dilarang melayani, memberi janji / imbalan dalam bentuk uang atau apapun kepada siapapun termasuk panitia penerimaan dengan dalih bisa meluluskan dalam seleksi penerimaan, serta   dilarang menggunakan sponsorship, koneksi, dan rekomendasi dengan cara menghubungi lewat telepon atau surat dan lain-lain kepada panitia atau pejabat yang berwenang melalui orang tua / wali dan keluarga atau pihak lain.

“Apabila anggota Polri selaku panitia melakukan penyimpangan, akan mendapatkan tindakan hukum yang tegas baik hukum pidana, kode etik dan disiplin sedangkan apabila orang tua / wali dan peserta seleksi melakukan penyimpangan maka peserta seleksi penerimaan anggota Polri T.A 2017 akan di diskualifikasi,” tegas Kasubbag Diapers Polda Bali ini.

Baca Juga :  Indosat Ooredoo Hutchison Mempersembahkan Kampanye ‘Indosat Berkah Ramadan 2024’

Pada Tahun 2017 ada perbedaan penerimaan Bintara dari pada tahun sebelumnya yaitu dibagi menjadi Bintara Tugas Umum, Bintara Teknologi Informasi (TI), Bintara Musik. “Masing-masing akan ditempatkan sesuai dengan kebutuhan dan keahliannya dibidang organisasi Kepolisian,” imbuhnya.

Jumlah penerimaan anggota Polri yang sudah ditetapkan Mabes Polri sesuai dengan kebutuhan yaitu Akpol 275 orang terdiri dari 240 pria dan 35 wanita, Bintara 10.150 orang terdiri dari 9.650 pria dan 500 wanita, Tamtama 500 orang. “Jika sudah lulus pendidikan akan ditempatkan diseluruh wilayah Indonesia,” ucap perwira menengah dengan melati satu dipundak ini.

Baca Juga :  Indosat Ooredoo Hutchison Mempersembahkan Kampanye ‘Indosat Berkah Ramadan 2024’

Menanggapi penelepon atas nama Dewa Putu Purna dan Darmayasa, perwira menengah yang murah senyum ini mengatakan bahwa dalam pelaksanaan seleksi penerimaan anggota polri dilaksanakan secara transparan dan terbuka, hasil tes seleksi langsung diumumkan dan bisa dilihat  serta dirangking sesuai dengan hasil nilai yang telah diperoleh panitia.

Selanjutnya Kompol I Ketut Dana, S.H. mengimbau kepada masyarakat Bali khusus orang tua peserta untuk hati-hati dan tidak mudah tertipu dan jangan cepat percaya jika ada orang yang menjanjikan kelulusan untuk menjadi anggota Polri. “Jika ingin lulus menjadi anggota polri agar melakukan persiapan dari bulan sebelumnya guna mendapatkan hasil yang terbaik dan bisa diterima menjadi anggota Polri,” pesannya diakhir acara tersebut. (binaw/humas-polda/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News