Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMA/SMK sederajat akan dilaksanakan mulai Senin (10/4/2017) hingga Kamis (13/4/2017) mendatang, bersaman dengan pelaksanaan Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP). Jumlah sekolah peserta UNBK SMA/SMK di Bali meningkat dari tahun lalu.

Berdasar data rekap UN 2016/2017 total peserta UNKP SMA/SMK sederajat sebanyak 21.277 peserta dari 174 sekolah. Sedangkan UNBK, jumlahnya jauh lebih besar yaitu 181 sekolah dengan total peserta sebanyak 33.656 siswa.

“Total sekolah yang mengikuti UN adalah 355 sekolah dengan total peserta UN tingkat SMA/SMK sederajat seluruh Bali sebanyak 54.933 siswa,” kata Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Bali, Wayan Serinah, Kamis (6/4/2017).

Ia menyebutkan, baru Kabupaten Gianyar yang sudah 100 persen siap UNBK di jenjang SMA.  Serta Kabupaten Tabanan 100 persen UNBK untuk jenjang SMK. “Di Gianyar dari 12 SMA seluruhnya ikut UNBK, sedangkan di Tabanan dari 14 SMK seluruhnya menyelenggarakan UNBK,’’ katanya.

Baca Juga :  Lima Siswa SMA Negeri 4 Denpasar Raih ‘Best Poster’ dan ‘Gold Medal’ di Youth Internasional Science Fair

Lebih lanjut dia menjelaskan, Kemendikbud tidak mewajibkan SMK atau SMA sederajat mengikuti UNBK. Jika belum siap secara perangkat laboratorium komputer, maka dipersilahkan mengikuti Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP). ’’Tidak ada kewajiban sekolah untuk UNBK, tapi yang sudah memiliki sarana dan prasarana ya harusnya UNBK,” katanya. (tis/bpn; foto : google.com)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News