Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Universitas Gadjah Mada dan University of Nottingham Ningbo China  (UNNC) sepakat melaksanakan kerjasama dalam bidang pendidikan dan penelitian. Kesepakatan kerja sama ditandai dengan penandatangaan nota kesepahaman bersama oleh Wakil Rektor Bidang kerja Sama dan Alumni UGM, Dr. Paripurna P. Sugarda, S.H., LLM., dan Provost of The University of Nottingham Ningbo, Prpf. Chriss Rud, Kamis (9/3/2017) di Ruang Rektor UGM.

Bentuk kerja sama yang akan dilakukan dalam bidang pendidikan antara lain dalam bentuk pertukaran dosen dan mahasiswa. Sementara di bidang penelitian berupa pelaksanaan kolaborasi riset antara kedua perguruan tinggi ini.

Baca Juga :  Lima Siswa SMA Negeri 4 Denpasar Raih ‘Best Poster’ dan ‘Gold Medal’ di Youth Internasional Science Fair

Chriss Rud menyampaikan bahwa pihaknya membuka kesempatan bagi seluruh pelajar dan mahasiswa dari berbagai negara dunia untuk belajar di UNNC. Tidak sedikit mahasiswa dari luar China yang melanjutkan studi ke universitasnya. Bahkan diikuti lebih dari 60 negara di dunia.

“Kami terbuka menerima mahasiswa dari berbagai negara dunia, termasuk dari Indonesia,” jelasnya.

Disebutkan Chriss Rud melalui kerja sama yang dilakukan dengan UGM ini menjadi kesempatan untuk memperluas wilayah studi yang dimiliki UNNC. Selain itu memperkuat riset-riset yang akan dilakukan nantinya.

“Harapannya kedepan kesempatan kerja sama bisa dilakukan dalam cakupan yang lebih luas,” katanya.

Baca Juga :  Mobil Listrik Tambah Banyak, PLN Siagakan 1.124 SPKLU Tersebar untuk Para Pemudik

Paripurna menyambut baik kerja sama tersebut. Dalam kesempatan itu Paripurna mempromosikan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) sebagai salah satu bentuk kegiatan pengabdian masyarakat oleh UGM. Dia membuka kesempatan untuk pelaksanaan kerja sama dalam bidang pengabdian kepada masyarakat dengan UNNC.

“Kita memiliki program KKN yang bisa juga dikerjasamakan kedepannya,” jelasnya.

Program KKN merupakan salah sarana pembelajarn mahasiswa  untuk mengimplemntasikan secar alangsung ilmu pengetahuan ke masyarakat. Melalui program ini, mahaisswa dari berbagai program studi bekerjasama membantu menyelesaikan persoalan yang ada di masyarakat. Selain itu juga membantu mensukseskan implementasi program pemerintah ke masyarakat. Lebih dari 8.000 mahasiswa dikirim ke berbagai wilayah Indonesia setiap tahunnya untuk melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat

Baca Juga :  Meriahnya Perayaan SMK Fest Bali, Meningkatkan Kreativitas Siswa dan Dukungan terhadap Pariwisata Lokal

“Banyak mahasiswa asing dari berbagai negara dunia yang mengikuti KKN di UGM,” ungkapnya. (ika/humas-ugm/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News