Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Satpol PP sebagai salah satu elemen penjaga keamanan dan ketertiban, diharapkan meningkatkan perannya dalam menjaga kemajemukan dan toleransi di tengah kehidupan masyarakat. Hal itu diungkapkan Sekda Tabanan I Nyoman Wirna Ariwangsa, saat apel peringatan HUT ke-67 Satpol PP, di Lapangan Alit Saputra Tabanan, Jumat (17/3/2017).

Acara tersebut juga dirangkaikan dengan peringatan HUT ke-55 Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) dan HUT ke-98 Pemadam Kebakaran. Peserta apel terdiri atas forum koordinasi pimpinan daerah, pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) dan para pegawai di lingkungan Pemkab Tabanan, serta jajaran TNI dan Polri.

Baca Juga :  Optimalkan Pelayanan Publik, Bupati Sanjaya Resmikan Tiga Gedung Pemerintahan di Kabupaten Tabanan

“Indonesia lahir dari keanekaragaman suku, agama, budaya, bahasa, dan daerah, yang tersebar luas di ribuan pulau. Sejak Budi Utomo 1908, Hari Kebangkitan Nasional, Ikrar Sumpah Pemuda 1928, hingga Proklamasi RI 1945, sesuai dinamika dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” ujar Sekda Wirna mengutip sambutan Menteri Dalam Negeri.

Satpol PP, lanjutnya, merupakan potensi besar yang harus diperankan maksimal. Perannya akan terus bertambah kuat dengan masuknya satpol PP di bawah pembinaan teknis, dengan berbagai pelibatan seperti deteksi dini pengamanan, pertahanan, kegawatdaruratan, penanganan bencana, dan lain-lain.

Baca Juga :  Tim Medis Polres Tabanan Laksanakan Pemeriksaan dan Pelayanan Kesehatan Keliling di Polsek Kediri

Selain menjaga kemajemukan dan toleransi, satpol PP juga dituntut inovatif dan kreatif dalam melahirkan produk peraturan perundang-undangan, yakni dalam bentuk perda. Sebab, UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, memberikan keleluasaan kepada daerah untuk membentuk perda.

Dalam usia yang semakin matang, satpol PP yang didukung kekuatan satlinmas dan pemadam kebakaran harus dimanfaatkan secara optimal. “Saya mendorong keterlibatan satpol PP dalam komunitas intelijen daerah, agar informasi-informasi dapat direspons secara cepat dan tepat,” tukasnya. (ita/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News