Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Badung terus mematangkan rencana pembangunan Puskesmas di Kuta Selatan. Pada Rabu (8/3/2017) kembali digelar rapat koordinasi (rakor) yang dipimpin langsung Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa di Puspem Badung.

Rakor dihadiri Asisten Pemerintahan dan Kesra IB Yoga Segara, Kadis Kesehatan dr. Gede Putra Suteja, Kabag Administrasi Pemerintahan Umum (APU), dari Bappeda, BPKAD, Dinas PUPR, Inspektorat, Bagian Pembangunan, Sekcam Kuta Selatan, Bendesa Adat Jimbaran, Lurah Jimbaran, serta Kaling Taman Griya.

Dari rakor tersebut dipastikan Pembangunan Puskesmas Kuta Selatan berlokasi di Fasilitas Umum Perumahan Taman Griya Jimbaran dan dibangun tahun ini dengan anggaran 8,2 M dari APBD Badung tahun 2017.

Kaling Perumahan Taman Griya Jimbaran I Ketut Sudiarsa menjelaskan, ada beberapa fasilitas umum di Taman Griya yang bisa digunakan untuk membangun Puskesmas. Pertama, ada di depan candi bentar dengan luas tanah 12 are, kedua di Jalan Buyan Barat Taman Griya terdapat tiga tempat dengan luasan berbeda yaitu ada yang luasnya 15 are, 10 are dan 8 are. Terkait pembangunan puskesmas ini telah pula disosialisasikan kepada warga Banjar di perumahan Taman Griya.

Baca Juga :  Ekle's Clinic Kembali Hadir di Bali dengan Layanan yang Lebih Lengkap

“Pada prinsipnya masyarakat setuju pembangunan puskesmas, namun warga agak keberatan bila dibangun di depan candi, karena agak krodit terlebih terdapat trafic light. Warga lebih cenderung memakai lokasi yang 15 are di jalan buyan barat, karena lebih luas,” tambahnya.

Kadis Kesehatan dr. Gede Putra Suteja menambahkan, dengan jumlah penduduk di Kuta Selatan yang cukup tinggi, idealnya Kuta Selatan mempunyai tiga puskesmas dan satu rumah sakit. Saat ini baru ada satu puskesmas di Kuta Selatan yang berlokasi di Peminge.

Baca Juga :  FPRB Tanjung Benoa Beberkan Implementasi 12 Indikator Tsunami Ready di Barcelona

Diakui khusus pelayanan puskesmas maupun rumah sakit di Badung Utara dan Badung Tengah sudah memadai, sehingga pembangunan fasilitas kesehatan diarahkan di Badung Selatan khususnya Kuta Selatan.

“Dengan pembangunan puskesmas di Taman Griya Jimbaran ini serta rencana pembangunan rumah sakit di Kuta Selatan akan dapat memenuhi kekurangan lagi 200 tempat tidur,” jelanya.

Wakil Bupati Ketut Suiasa memastikan tahun ini pembangunan Puskesmas Kuta Selatan di fasilitas umum Perumahan Taman Griya Jimbaran dilaksanakan. Pemikiran Wabup. asal Pecatu ini lebih cenderung bila pembangunan puskesmas Kuta Selatan dibangun di lahan 12 are di depan candi bentar, karena lokasinya sangat strategis. Untuk itu, Suiasa minta Instansi terkait baik itu Dinas Perhubungan, PUPR maupun Dinas Kesehatan terlebih dahulu melakukan analisis terkait amdal maupun analisis lalu lintasnya.

Baca Juga :  Buka Bimtek Aplikasi SRIKANDI, Sekda Dewa Indra Apresiasi Pemutakhiran Tata Kelola Bidang Kearsipan

“Bila dari hasil analisis lalin tidak membahayakan, puskesmas akan sangat strategis dibangun di depan. Dan bila hasil analisis tidak memungkinkan kita akan kembali ke lahan yang 15 are,” tambahnya.

Kalau memang memungkinkan, tanah 15 are tersebut nanti kita akan bangun sekolah TK Negeri dan di lahan 8 are untuk rumah dinas Camat Kuta Selatan. Wabup. Suiasa mengatakan, pembangunan sarana kesehatan di Kuta Selatan tidak ada masalah.

Setelah pembangunan puskesmas ini, akan dilanjutkan pembangunan Rumah Sakit dan satu lagi puskesmas, karena sudah tersedia tempat yang refresentatif baik itu di Ungasan maupun di Pecatu. (humas-bdg/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News