STQ XXIV Tabanan, Bukan Sekadar Baca Ayat-ayat Suci

185

BALIPORTALNEWS.COM – Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) XXIV tahun 2017 di Tabanan diikuti 26 peserta. Kegiatan tersebut dibuka Bupati Tabanan yang diwakili Asisten I, I Wayan Yatnanadi, di Aula Balai Banjar Tunggal Sari Tabanan, Minggu (12/3/2017).

Bupati Tabanan dalam sambutan tertulisnya mengatakan, STQ bukan sekadar membaca ayat-ayat suci. Namun, juga bertujuan menanamkan sejak dini bagi generasi muda memiliki minat mendalami ajaran suci Nabi Besar Muhammad SAW, sehingga umat tidak kehilangan jati diri.

“Hal itu merupakan langkah tepat dalam menanamkan nilai-nilai universal yang terkandung dalam Al-Qur’an,” ujar Bupati Tabanan. Menurutnya, tantangan yang dihadapi generasi penerus pada era globalisasi ini semakin kompleks. “Saya tegaskan, bahwa saya sangat merespons positif pelaksanaan kegiatan STQ ini,” tegasnya.

Sementara Ketua Panitia STQ XXIV Kabupaten Tabanan 2017, M. Barlian, menyebut STQ kali ini menyelenggarakan dua cabang lomba, yakni cabang tilawah Al-Qur’an anak dan dewasa, serta Cabang tahfidz Al-Qur’an gologan 1 juz, 5 juz, 10 juz, 20 juz, dan 30 juz.

“STQ kali ini diikuti 26 peserta, utusan terbaik dari enam kecamatan di Kabupaten Tabanan. Peserta yang juara akan mewakili Tabanan untuk mengikuti STQ XXIV tingkat provinsi di Jembrana, awal April 2017,” jelas Barlian.

STQ XXIV Tabanan 2017  dengan tema Menguatkan Cinta Al-Qur’an Generasi Bangsa. “Harapan kami agar generasi bangsa, khususnya di Kabupaten Tabanan tidak terpedaya dengan teknologi  saat ini, seperti adanya Facebook, WhatsApp, Twiter, dan lain-lain, sehingga tidak melupakan Al-Qur’an yang merupakan pedoman hidup untuk dunia dan akhirat,” tegasnya. (ita/bpn)