Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Dalam rangka menyambut dan merayakan hari suci Nyepi Tahun Baru Caka 1939, Pemerintah Kota Denpasar melalui Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) PGRI Kota Denpasar menggelar pawai ogoh-ogoh PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) se-Kota Denpasar.

Dikarenakan para siswa PAUD di Kota Denpasar tidak saja melakukan kegiatan belajar mengajar  dan bermain disekolah, melainkan sejak usia dini telah diarahkan dalam program Pemkot Denpasar untuk berinteraksi sosial dan budaya di masyarakat.

Dimana terlihat sebanyak 300 anak-anak dengan 60 ogoh-ogoh berbagai bentuk dan ukuran ikut serta dalam pawai ini, ogoh-ogoh ini diusung oleh siswa-siswa PAUD se-Kota Denpasar dengan berbalut pakaian adat Bali, anak-anak ini sangat antusias mengikuti parade ogoh-ogoh yang di buka dan dilepas langsung oleh Wakil Walikota Denpasar I.G.N Jaya Negara, Sabtu (18/3/2017) di Taman Kota Lumintang.

Suasana parade semakin semarak setelah parade ogoh-ogoh di lepas, tidak saja mengusung ogoh-ogoh, namun anak-anak dari usia kisaran 4-6 tahun ini juga memainkan alunan gambelan Bali sebagai pengiring ogoh-ogoh yang dibawakan, yang diikuti dengan sorakan penyemangat dari para guru-guru pendamping dan orang tua mereka masing-masing.

Baca Juga :  Denpasar Jadi Calon Percontohan Kota Antikorupsi KPK RI, Wujud Apresiasi dan Kepercayaan Atas Komitmen Pencegahan Korupsi

Ogoh-Ogoh kecil ini pun terlihat menari di antara krumunan anak-anak PAUD yang sedang beratraksi. Dengan mengambil start di Taman Kota Lumintang, barisan parade ogoh-ogoh ini melintasi rute Jalan Mulawarman menuju Jalan Majapahit yang menjadi tontonan menarik bagi masyarakat yang melintasi jalan tersebut maupun masyarakay yang sedang berolahraga di taman kota.

“Kegiatan pawai ogoh-ogoh ini memang di adakan setiap tahunya, guna menanamkan nilai mencintai budaya kepada anak-anak dan mengembangkan kreatifitas sejak dini serta bisa bersosialisasi dengan anak-anak sebaya mereka, sehingga mereka memiliki kepribadian melalui pengenalan budaya sedini mungkin,” ujar Wakil Walikota Denpasar I.G.N Jaya Negara di sela-sela pawai ogoh-ogoh.

Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara ‘Ngaturang Bhakti Pujawali’ di Pura Agung Lokanatha Denpasar

Dengan memperkenalkan budaya sejak dini diharapkan anak-anak memiliki karakter dan memahami tentang makna budaya Bali salah satunya melalui perayaan Hari Suci Nyepi lewat gelaran parade ogoh-ogoh setiap tahunnya, serta diharapkan parade ini dapat memupuk rasa kebersamaan sejak dini .

Sementara Ketua Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia  (IGTKI) Kota Denpasar, Ni Made Aryaningsih mengatakan tujuan dari parade ogoh-ogoh yang dilaksanakan setiap tahunnya untuk memupuk rasa cinta seni budaya sejak dini, serta memberikan pemahaman kepada anak-anak tentang makna perayaan Hari Suci Nyepi.

Peserta yang mengikuti parade ogoh-ogoh kali ini dari beberapa gugus yang tersebar diempat kecamatan se-Kota Denpasar, sebanyak 60 ogoh-ogoh yang terdiri dari 48 ogoh-ogoh perwakilan gugus, dan 12 ogoh-ogoh dari partisipasi lembagai pendidikan anak usia dini di Kota Denpasar.

Baca Juga :  Pj Gubernur Bali Puji Semangat Ngrombo Sukseskan Karya Ida Bhatara Turun Kabeh Pura Agung Besakih

Disamping itu kegiatan ini juga untuk mendukung Denpasar sebagai Kota Berwawasan Budaya yang dilakukan dengan melibatkan seluruh anak-anak melalui kegiatan seni dan budaya, serta memberikan ruang kreativitas kepada anak-anak usia dini.

“Kami memberikan mereka kesempatan untuk mengenal budaya Bali sejak dini, baik dalam kegiatan perayaan Hari Suci Nyepi, maupun memberikan ruang kreativitas lewat kegiatan budaya lainnya,” ujar Aryaningsih. (ays’/humas-dps/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News