Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Selain ribuan pasukan gabungan dikerahkan dalam pengamanan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al-Saud dan rombongan , Polda Bali juga menyiagakan peralatan canggih. Salah satunya, kendaraan khusus jenis Z Backscatter Vans (ZBV) berisi alat X-ray, yang ditempatkan di setiap pintu masuk BTDC Nusa Dua, Kuta Selatan.

Seperti diktakan salah seorang anggota Subden III Detasemen Gegana Sat. Brimob Polda Bali, Jumat (10/3/2017), anggota yang mengoperasikan alat X-ray di dalam kendaraan ZBV berjumlah 8 orang. Mereka sebagai operator bertugas bergiliran selama 24 jam.

Baca Juga :  Indosat Ooredoo Hutchison Mempersembahkan Kampanye ‘Indosat Berkah Ramadan 2024’

“Fungsi alat ini, untuk menscaning setiap kendaraan, barang bawaan, orang yang masuk ke kawasan BTDC Nusa Dua. Meski demikian, pemeriksaan yang dilakukan dikhususkan untuk mobil box,” ucapnya.

Lebih lanjut dikatakan anggota Brimob tersebut, kendaraan ZBV dilengkapi dengan empat detector dan layar monitor, yang dapat memindai tubuh manusia dari kepala hingga kaki, serta pakaian dan benda-benda di dalam mobil.

“Alat ini juga mampu menembus baja dan mendeteksi material organic serta non organic. Seperti, bahan peledak dan obat-obatan terlarang,” tuturnya.

Sementara Kabid Humas Polda Bali AKBP Hengky Widjaja mengatakan, tidak hanya kendaraan ZBV, Polda Bali juga menyiagakan kendaraan yang dilengkapi parcel X-ray inspection system bag. Alat yang didatangkan dari Amerika ini diletakan pada pintu masuk bagian selatan BTDC Nusa Dua.

Baca Juga :  Indosat Ooredoo Hutchison Mempersembahkan Kampanye ‘Indosat Berkah Ramadan 2024’

“Alat ini tipe terbaru. Sehingga gambar yang dihasilkan lebih bagus. Kendaraan ini membackup dan mengantisipasi bila X-ray bag di hotel yang ditempati Raja Salman mengalami kendala,” tegasnya. (kabyk/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News