Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Koperasi Pegawai Negeri (KPN) Abdi Praja Tabanan memperoleh sisa hasil usaha (SHU) Rp 566.280.290,39 pada 2016. Jumlah tersebut mengalami kenaikan 31,35 persen jika dibanding pada tahun sebelumnya. Hal itu terungkap dalam Rapat Akhir Tahun (RAT) KPN Abdi Praja, di Ruang Rapat Kantor Bupati Tabanan, Selasa (28/2/2017).

Ketua KPN Abdi Praja, I Made Yasa, melaporkan, selain SHU sebanyak itu, jumlah anggota koperasi juga bertambah, dengan penambahan anggota baru 347 orang. Yang pensiun 52 orang. Jumlah anggota KPN Abdi Praja sampai Desember 2016 adalah 2428 orang.

Baca Juga :  Pemkab Tabanan Rutin Gelar Apel Hari Kesadaran Nasional

Mengenai simpanan pokok Rp 24.280.000, mengalami peningkatan 13,83 persen dibanding tahun sebelumnya. Simpanan wajib  mengalami kenaikan 33,33 persen, dengan total Rp 4.691.621.500,00. Demikian juga dengan simpanan sukarela dan sijakop, yang masing-masing mengalami kenaikan 8,42 persen dan 154,07 persen.

Selain jumlah SHU yang memuaskan, Yasa juga mengatakan bahwa KPN Abdi Praja mendapatkan opini wajar dari akuntan publik atas laporan pertanggungjawaban keuangan. Laporan pertanggungjawaban ini terlebih dahulu sudah diaudit akuntan publik.

“Itu berarti laporan keuangan telah menyajikan secara wajar dalam semua hal, mulai dari material, posisi keuangan KPN Abdi Praja per 31 Desember 2016, dan hasil usaha, serta laporan arus kas untuk tahun yang berakhir pada tanggal tersebut, sesuai dengan standar akuntansi keuangan eutitas tanpa akuntabilitas publik,” jelasnya.

Sementara Sekda Tabanan I Nyoman Wirna Ariwangsa mengapresiasi manajemen KPN Abdi Praja, yang melaksanakan hak dan kewajiban sesuai dengan posisi masing-masing, termasuk dalam hal pencapaian opini wajar. “Itu artinya prinsip-prinsip manajemen telah dilaksanakan dengan baik,” ujarnya.

Baca Juga :  Jumat Ceria Bersama Bupati Tabanan

Dia berpesan agar pencapaian terseut dapat dipertahankan dan ditingkatkan. “Jadilah koperasi terbaik dan contoh bagi koperasi lainnya. Bagi yang belum bergabung menjadi anggota agar segera bergabung,” imbuhnya.

Acara tersebut juga dihadiri Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) AA Gede Dalem Tresna, serta para pengurus dan anggota KPN Abdi Praja. (ita/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News