Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Menindak lanjuti tentang Rahina atau hari khusus dalam berbahasa Bali yang  ditetapkan setiap Hari Rabu, Purnama, dan Tilem seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Perusahaan Daerah Kota Denpasar telah menerapkannya .

Untuk lebih meningkatkan penerapan program tersebut Pemkot Denpasar menggandeng Paiketan Penyuluh Bahasa Bali Kota Denpasar akan mengadakan sebuah Festival Nyastra (Bahasa) Bali untuk pertamakalinya, demikian disampaikan Kabag Kesra Setda Kota Denpasar I Gst Bagus Mataram saat memimpin rapat pembahasan mengenai Festival Bhasa Bali, Rabu (1/2/2017) di Ruang Praja Utama Kantor Walikota Denpasar.

Lebih lanjut Mataram mengatakan, kegiatan Festival Bahasa Bali ini juga dalam memeriahkan HUT Kota Denpasar ke 229th, dimana kegiatan ini sebagai bukti nyata terhadap upaya Pemerintah mempertahankan dan melestarikan budaya Bali yang adi luhung, seperti aksara, bahasa dan sastra Bali kedalam bentuk sebuah kegiatan festival. Yang mana Festival Bahasa Bali ini akan di ikuti oleh seluruh anak-anak SD, SMP dan SMA/SMK se-Kota Denpasar dan kalangan umum masyarakat Kota Denpasar yang akan di bagi dalam berbagai katagori nantinya.

Dengan harapan, melalui festival bahasa bali ini dapat memberikan wahana yang tepat sebagai ajang menguji kemampuan menulis dan berbahasa Bali masyarakat dan generasi muda agar dapat mengekspresikan diri dalam mengasah kemampuannya, serta dapat menambah wawasan di bidang bahasa, aksara dan sastra Bali.

Baca Juga :  Naluriku Menari Siap Digelar di Kota Denpasar, Jadi Ruang Kreativitas untuk Asah Skill Generasi Muda di Bidang Seni Tari

Sementara Koodinator Paiketan Penyuluh Bahasa Bali, Gusti Ayu Widyarti mengatakan, Festival Bahasa Bali ini rencananya akan di adakan  selama dua hari, dari tanggal 23 Februari sampai 24 Februari 2017 mendatang yang berlokasi di halaman depan Pura Jagatnatha, dengan lomba yang akan di adakan yakni, Nyurat Bahasa Bali untuk anak-anak SD, lomba majalah Dinding (Mading) untuk SMP, Lomba lawak tunggal/grup untuk SMA/SMK dan Lomba Video Instagram/Vidgram dengan bahasa Bali dengan konten “Ucapan Selamat HUT Kota Denpasar”, untuk kalangan umum masyarakat Kota Denpasar.

Untuk pendaftaran lomba katagori SD, bisa dilakukan di masing-masing UPT Disdikpora di setiap Kecamatan Kota Denpasar, sedangkan untuk katagori SMP, SMA/SMK dan umum bisa langsung datang ke Kantor Disdikpora Kota Denpasar di Jalan Mawar, yang mana pendaftaran rencanannya akan di buka mulai tanggal 6 Februari sampai tanggal 16 Februari 2017 mendatang. (bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News