BALIPORTALNEWS.COM – Buruh tukang gali tanah, I Made Suweden (50) dan I Made Juliada (20) yang sedang menggali lubang untuk membuat septic tank, dikejutkan dengan penemuan tulang-belulang yang diduga sebagai kerangka manusia, di pekarangan rumah Ni Putu Nyuliadi (51), di Jalan Gunung Agung Tabanan, Selasa (10/1/2017).

Saksi-saksi di TKP menyebutkan, pemilik rumah sekitar tiga minggu yang lalu membuat rumah tinggal. Dia kemudian menyuruh kedua buruh tersebut untuk membuat lubang septic tank di timur balai suka-duka, Senin (9/1). Karena hari itu turun hujan, penggalian pun dihentikan sementara waktu.

Selasa kemarin, kedua buruh tersebut melanjutkan pekerjaannya menggali septic tank. Setelah mereka menggali tanah sedalam satu meter, saksi Suweden melihat ada potongan tulang-belung yang mirip tulang manusia.

“Saya terkejut seketika begitu melihat ada tulang-belulang di dalam tanah itu, sepertinya kerangka manusia,” ujar Suweden.

Tulang-belulang yang diduga sebagai kerangka manusia itu dikatakan sudah dalam kondisi hancur di dalam tanah. Posisi tulang dengan bagian kepala di sebelah utara, dan tulang kaki di selatan.

Saksi kemudian melaporkan temuan itu kepada pemilik rumah. Pemilik rumah pun selanjutnya melaporkan temuan tersebut ke Polsek Tabanan.

Sementara polisi belum bisa memastikan jenis tulang apa itu. “Kami masih menunggu hasil dari pegecekan di rumah sakit,” ujar Kasatreskrim Polres Tabanan AKP Yana Jaya Widya.

Tulang-belulang tersebut kemudian dibawa ke forensik di RS Sanglah. Di lokasi penemuan pun telah dipasangi police line, guna pemeriksaan lebih lanjut. (ita/bpn)