Kisi-kisi UN 2017, Cek Laman Ini

BALIPORTALNEWS.COM – UJIAN Nasional (UN) 2017 tetap dilaksanakan setelah rencana moratorium dibatalkan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) sendiri telah memberikan kisi-kisi UN 2017 melalui laman http://un.kemdikbud.go.id.

‘’Para siswa kelas IX SMP/sederajat dan XII SMA/sederajat bisa bersiap menyiapkan materi yang akan diujikan dengan mengunduh kisi-kisi UN 2017 tersebut di internet,’’ jelas Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bali, TIA Kusuma Wardhani, belum lama ini.

Dijelaskan, terdapat lima kategori kisi-kisi yang tersedia. Pertama, yakni untuk tingkat SMP/MTs. Kemudian kategori SMA/MA/SMTK/SMAK. Ketiga, untuk siswa SMK/MAK. Sedangkan dua kategori lainnya, yaitu untuk tingkat SMA-LB serta kisi-kisi Paket B dan Paket C.

Kisi-kisi UN tersedia untuk seluruh peminatan studi. Berdasarkan kisi-kisi, soal UN akan dibagi menjadi tiga bagian, yakni penguasaan pengetahuan dan pemahaman, aplikasi, serta penalaran.

Selanjutnya, kisi-kisi soal UN itu nantinya bisa dijabarkan oleh pihak sekolah ke dalam variasi soal-soal untuk mengukur kesiapan siswa menghadapi UN yang sesungguhnya.

Dengan adanya kisi-kisi soal UN itu, pihak sekolah punya pegangan yang jelas dalam mempersiapkan siswa-siswanya.

’’Untuk mendapatkan rincian materi UN, siswa atau sekolah dapat dengan mudah mendapatkannya dengan cara mengunduh file yang tersedia di laman tersebut,’’ jelasnya. (tis/bpn)