Rektor UGM Melantik 59 Wakil Dekan

BALIPORTALNEWS.COMRektor UGM melantik 59 Wakil Dekan serta Pelaksana Tugas Wakil Dekan di lingkungan Universitas Gadjah Mada, Senin (5/12) di Balai Senat UGM. Para wakil dekan terpilih ini akan menjabat posisi tersebut dalam 5 tahun ke depan, atau hingga 5 Desember 2021.

“Terima kasih atas kesediaan Bapak Ibu untuk dapat mendukung para dekan. Mari kita membangun sinergi dan meneruskan apa yang telah dijalankan  oleh dekanat sebelumnya,” ujar Rektor UGM, Prof. Ir. Dwikorita Karnawati, M.Sc., Ph.D.

Dalam sambutannya, Rektor UGM menyampaikan 3 poin penting kepada para Wakil Dekan baru. Yang pertama, ia menekankan pentingnya sinergi untuk bersama-sama memajukan UGM melalui proses perubahan budaya akademik dan kinerja, khususnya dalam transisi UGM menjadi sebuah Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum.

“Kita memasuki masa transisi yang penuh dengan tantangan , ibarat kita seperti harus mendayung melewati bukit karang yang menghadang di depan kita dalam rangka mewujudkan PTN Berbadan Hukum. Mohon kita siap mental untuk berani menghadapi peluang dan risiko,” paparnya.

Dwikorita juga memaparkan tanggung jawab  yang diemban UGM untuk memajukan Indonesia, khususnya untuk memajukan daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal. Misi ini, menurutnya, harus menjadi misi yang juga dipegang oleh setiap bagian dari UGM.

“Kami mohon Ibu Bapak memahami bahwa UGM adalah Indonesia, dan UGM sangat dipercaya untuk memajukan daerah 3T. Di UGM kita tidak hanya memahami toleransi antar agama dan suku tapi juga harus berani menerapkan kebhinekaan dalam menjalankan proses akademik. Kita punya misi khusus untuk memajukan Indonesia,” imbuhnya.

Selain itu, program academic leadership management juga menjadi salah satu poin penting yang disampaikan kepada para pejabat baru. Melalui program ini, diharapkan dapat terwujud strategi pengembangan fakultas yang terencana, sesuai dengan visi yang akan dijalankan dalam tahun-tahun mendatang.

“Mari bangun budaya yang semua berbasis visi dan misi. Kita mengisi anggaran tidak sekedar menyalin dari anggaran tahun lalu, tapi harus sesuai dengan quick win yang akan kita capai,” kata Rektor UGM.

Terkait target pencapaian di tahun 2017, Dwikorita menyampaikan bahwa dalam tahun mendatang UGM akan terus mendorong internasionalisasi demi meningkatkan peringkat UGM di kancah dunia hingga menembus posisi 500 besar dunia. Ia pun berharap para pejabat baru dapat bersama-sama bekerja keras untuk mencapai target ini.

“Untuk internasionalisasi kita akan tingkatkan ranking UGM di atas 500 dunia, kalau bisa 300 atau 200. Mudah-mudahan ini menjadi target kita bersama,” ujarnya sebelum upacara pelantikan ditutup dengan pembacaan doa. (Gloria/Humas UGM/bpn; Foto: Firsto)