BALIPORTALNEWS.COMPrestasi demi prestasi tingkat nasional berhasil diraih Pemkot Denpasar menjelang akhir tahun 2016 ini. Setelah sebelumnya meraih Indek Pariwisata Indonesia (IPI)  Tertinggi Tingkat Nasional dari Kementererian Pariwisata, Penghargaan dari KPK terkait LHKPN, Penghargaan Kepatuhan Pelayanan Publik dari Mobudsman RI serta Sekolah Adiwiyata Nasional dari Kementerian Lingkungan Hidup meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) dari Wakil Presiden RI M. Jusuf Kalla.

Penghargaan ini diberikan karena  komitmen yang tinggi dalam pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak terutama  mewujudkan pengarus utamaan gender (PUG)  telah ditunjukan Pemerintah Kota Denpasar dibawah kepemimpinan Walikota IB Rai Dharmawijaya Mantra bersama Wakil Walikota IGN Jaya Negara. Komitmen tersebut mengantarkan Kota Denpasar meraih penghargaan Anugrah Parahita Ekapraya (APE) tertinggi katagori “Mentor”. Penghargaan tersebut diserahkan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla di Istana Wakil Presiden Kebon Sirih Jakarta, Rabu (21/12/2016).

Baca Juga :  Puluhan Warga Manfaatkan Layanan Posyandu Paripurna di Kelurahan Penatih

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Yohana Yambise mengatakan penghargaan yang diberikan pada pemerintah daerah untuk memotivasi dalam melaksanakan program-program perlundungan anak dan perempuan. Sehingga hak-hak anak terpenuhi sesuai dengan undang-undang.

Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra mengatakan penghargaan yang diraih merupakan bentuk partisipasi masyarakat Kota Denpasar terhadap pembangunan yang dilakukan.

“Penghargaan ini sebagai tantangan kedepan Pemerintah Kota Denpasar untuk meningkatkan kebutuhan bagi pemberdayaan perempun maupun pemenuhan  akan hak-hak terhadap anak, seperti ruang kreatifitas dan fasilitas pendidikan terhadap anak,” ujar Walikota Rai Mantra disela-sela menerima penghargaan.

Disamping itu APE yang diterima kali ini menurut Walikota Rai Mantra jangan sebagai pemuas diri, namun mampu sebagai motivator untuk peningkatan kegiatan, kreatifitas dan fasilitas terhadap anak.

Baca Juga :  Jaring Ratusan Front Line People Terbaik, Astra Motor Bali Gelar Seleksi Tahap 1 KLHN 2024 Regional

Sementara Kepala Badan Keluarga Berencana (KB) dan Pemberdayaan Perempuan (PP) Kota Denpasar I Gst Agung Laksmi Dharmayanti yang mendampingi Walikota mengatakan  Pemerintah Kota Denpasar berhasil meraih Penghargaan APE tertinggi katagori “Mentor”.

Keberhasilan ini tidak terlepas dari komitmen Bapak Walikota Rai Mantra  bersama Wakil Walikota Jaya Negara yang didukung seluruh komponen terkait sehingga berhasil meraih penghargaan tertinggi ini. Sebelum meraih penghargaan tertinggi ini Kota Denpasar diawali meraih penghargaan APE Katagori Madya tahun 2012 dan meningkat menjadi katagori Utama tahun 2014.

Keberhasilan Pemerintah Kota Denpasar meraih APE tahun ini karena telah mampu memberikan acuan bagi aparatur Pemerintah Daerah dalam strategi pengintergrasian gender yang dilakukan melalui perencanaan, pelaksanaan, penganggaran, pemantauan dan evaluasi atas kebijakan, program dan kegiatan pembangunan di daerah.

Baca Juga :  Jajal New Honda Stylo 160, Astra Motor Bali Ajak Media Rasakan Performa Agresif

Mewujudkan perencanaan berperspektif gender melalui pengintegrasian pengalaman, aspirasi, kebutuhan, potensi, dan penyelesaian permasalahan laki-laki dan perempuan, mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam kehidupan berkeluarga, berbangsa dan bernegara, mewujudkan pengelolaan anggaran daerah yang respontif gender dan meningkatkan kesetaraan dan keadilan dalam kedudukan, peranan dan tanggung jawab laki-laki dan perempuan sebagai insanserta sumber daya pembangunan.

Disamping itu menurut Agung Laksmi, untuk meningkatkan peran kelembagaan pemerintah dan non pemerintah dalam Pengarusutamaan Gender (PUG) melalui Peningkatan kualitas sumber daya manusia, ketersediaan dan penggunaan data terpilah, mengintegrasikan perspektif gender ke dalam siklus perencanaan dan penganggaran di tingkat pusat dan daerah melalui Kebijakan Anggaran yang responsife gender di arahkan untuk mengurangi kesenjangan gender melalui penerapan strategi PUG. (gst/humasdps/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News