BALIPORTALNEWS.COM – Pembinaan UKM dan Wirausaha  muda terus digencarkan Pemkot Denpasar melalui serangkaian pembinaan maupun penyediaan pameran yang bertujuan mempertemukan pengusaha teresebut dengan pasar. Seperti pada Sabtu (10/12) di Bali Creative Industry Centre (BCIC) Denpasar diadakan Pesta Wirausaha Bali 2016 dengan tema “Scale Up Bisnismu” yang digagas oleh komunitas bisnis TDA (Tangan Di Atas) didukung oleh Pemkot Denpasar. Kegiatan yang dikemas dengan seminar bisnis, workshop bisnis, serta pameran produk UKM ini dibuka langsung oleh Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra.

Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra mengatakan suatu saat Enterpreneur akan menjadi sesuatu yang penting bagi bangsa ini. Anak muda saat ini jangan ragu untuk menjadi wirausaha yang maju dan berkembang serta bisa beradaptasi denagn perkembangan zaman.

“Apa yang menjadi tren dewasa ini, seorang wirausaha dituntut mampu beradaptasi. Kondisi saat ini dimana peluang menjadi wirausaha disegala lini sangat besar harus dimanfaatkan sebagai momentum untuk maju oleh anak muda di Kota Denpasar. Momen ini harus dimanfaatkan betul” ujar IB Rai Dharmawijaya Mantra.

Lebih lanjut Rai Mantra mengatakan unit usaha mikro saat ini memiliki peran yang sangat besar. Saat ini sangat terbuka bagi yang memiliki knowledge untuk maju dan berkembang tanpa memerlukan biaya yang besar. Tanpa memerlukan buliding yang besar saat ini terbuka bagi pengusaha muda untuk berkembang di era digital. “Sekarang ini adalah era kreatif yang sangat cepat perkembangannnya.

Kalau anak muda yang ingin berwirausaha saat ini tidak memanfaatkan momentum era sekarang amatlah disayangkan. Untuk menjadi pengusaha yang maju, anak muda saat ini perlu memiliki mental bagus dan kemauan untuk keluar dari zona nyaman. Selain juga pengusaha muda dituntut beradaptasi dengan era digitalisasi dewasa ini.

Semua itu merupakan modal bagi pengusaha muda yang ingin maju dan berkembang. Pemkot Denpasar selama ini telah mendukung para pengusaha muda melalui program- program baik pembinaan maupun mempertemukan UKM dan pengusaha muda dengan pasar melaui pameran- pameran” ujar IB Rai Dharmawijaya Mantra.

Ketua Panitia Acara Hendra Saputro mengatakan peserta Pesta Wirausaha Bali 2016 berjumlah 150, terdiri dari berbagai unsur diantaranya mahasiswa, karyawan maupun karyawan yang ingin pelan- pelan beralih menjadi wirausaha UKM.

Pesta Wirausaha Bali 2016 bertujuan untuk mengupgrade pengetahuan bisnis bagi masyarakat yang tertarik menekuni dunia kewirausahaan. Pameran dalam kegiatan ini juga bertujuan mengenalkan produk- produk UKM ini kemasyarakat luas, baik rjaringan relasi maupun investor. Selain juga untuk menjaga semangat pengusaha muda untuk tetap konsisten menekuni dunia kewirausahaan. Selama ini Pemkot Denpasar sangat mendukung perkembangan UKM baik dari segi perizinannya sangat dimudahkan.

“Tantangan bagi para pengusaha dan Pemerintah Kota Denpasar saat ini hanya bagaimana mengupayakan agar produk- produk UKM Kota Denpasar lebih mengglobal, secara nasional maupun interanasional,” ujar Hendra Saputro.

Asri, salah satu peserta pameran yang menekuni bisnis produk handmade mengatakan sangat senang dapat berpartisipasi dalam Pesta Wirausaha Bali 2016.”Harapan kami kedepan bagaimana Pemkot Denpasar semakin menggencarkan pembinaan UKM dan memperbanyak ajang yang dapat mempertemukan UKM ini dengan pasar yang luas,” ujar Asri. (esa/humadps/bpn)