BALIPORTALNEWS.COMBupati Badumg I Nyoman Giri Prasta meresmikan Candi Bentar dan dirangkai dengan HUT Sekaa Teruna Teruni (STT) Eka Murti ke-46 Br Jabejero, Desa Jagapati, Kec. Abiansemal, Rabu (28/12/2016) malam.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Giri Prasta melakukan pemotongan pita, penandatanganan prasasti dan pemotongan tumpeng. Turut hadir anggota DPRD Badung I Made Ponda Wirawan, Camat Abiansemal Putu Ngr. Thomas Yuniarta, Tripika kec abiansemal, Perbekel Jagapati Wayan Suadnyana, Bendesa adat Jagapati, kelian dinas Gede Raka, kelian adat Made Narka dan tokoh masyarakat.

Bupati Giri Prasta menyampaikan apresiasi dan mendukung kegiatan HUT Sekaa Teruna ini. Beliau juga mengharapkan Sekaa Teruna mampu berkreasi, berinovasi dan berprestasi baik dibidang seni maupun olahraga.

“Kami juga minta Sekaa Teruna dapat membuat lagu Mars dan Hymne Sekaa Teruna,” jelasnya.

Sementara untuk mendukung kegiatan ST saat perayaan hari Penyepian yang akan datang Bupati akan membantu masing-masing Sekaa Teruna sebesar Rp. 15 juta.

“Guna mendukung kreativitas pada perayaan penyepian, Sekaa Teruna se Badung yang berjumlah 532 ST akan kami bantu masing-masing 15 juta,” tambahnya.

Pada kesempatan itu, bupati juga menekankan dua hal yang harus dihindari Sekaa Teruna yakni larangan tidak boleh mabuk-mabukan sampai menngganggu ketertiban umum dan menjauhkan diri dari penyalahgunaan obat-obatan terlarang, narkotika dan narkoba. 

Bupati juga menyampaikan, bahwa Pemkab Badung dan DPRD Badung telah menetapkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Semesta Berencana Kabupaten Badung tahun 2016-2021.

Dalam RPJMD ini terdapat lima skala prioritas pembangunan yang kesemuanya merupakan upaya pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat Badung. Meliputi ketercukupan akan sandang, pangan dan papan, kesehatan dan pendidikan, jaminan sosial dan tenaga kerja, pelestarian seni, adat, agama dan budaya serta pariwisata. 

Ketua STT Eka Murti Wayan Aripadma mengatakan STT Eka Murti merupakan satu dari 4 bersaudara, 3 lagi ada di br Sibang STT Budi Lihur, br. Kemulan, STT Tri Suandari dan br Pasek STT Dwi Karya. Setiap waktu ke-4 STT ini selalu bergabung, bersatu padu dalam berbagai event di desa, maupun event event lain yang menyangkut kepentiangan  kepemudaan. STT Eka Murti beranggotakan 114 orang, dengan jumlah laki laki 72 orang dan perempuan 47 orang, dengan pendidikan beraneka ragam mulai dari SMA sampai dengan sarjana (S1). Sesuai program bapak Bupati dimohonkan, putra badung dari STT ini bekerja di badung di sector formal.

“Ini sebagai bahan pertimbangan bapak, hampir warga banjar maupun STT kami memelihara babi sebagai penyokong utama pendapatan keluarga,” katanya. 

Ditambahkan, dalam upaya mengikuti kemajuan tekhnologi, pihaknya juga merencanakan kegiatan di bidang pendidikan dengan memasang spot wifi di banjar, agar pemuda mudah mengakses dan itidak ketinggalan.

Dibidang kesenian/budaya, pemuda aktif dibidang tari, tabuh begitu juga dibidang olah raga dimana dibidang ini sudah jelas berbagai kegiatan yang akan direncanakan dan dilaksanakan. “Potensi SDM kami sangat tinggi, namu sarana prasarana kurang mendukung, untuk itu kami mohon dukungan dari Pemkab Badung,” tambahnya. (humasbadung/bpn)

 

Keterangan Foto : Bupati Badumg I Nyoman Giri Prasta meresmikan Candi Bentar dan dirangkai dengan HUT Sekaa Teruna Teruni (STT) Eka Murti ke-46 Br Jabejero, Desa Jagapati, Kec. Abiansemal, Rabu (28/12/2016).