BALIPORTALNEWS.COM – SMPN 3 Denpasar menerima penghargaan istimewa dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI sebagai sekolah penyelenggara Ujian Nasional (UN) berintegritas.

SMPN 3 Denpasar meraih indeks integritas penyelenggaraan UN 2015 yang tinggi dengan nilai 95,80 atau nyaris sempurna yang ditandatangani Mendikbud RI, Anies Baswedan saat itu.

Penghargaan itu menjadi kado istimewa dan diserahkan pada apel peringatan HUT ke-71 PGRI dan hari Guru Nasional (HGN) 2016 di SMPN 3 Denpasar, Jumat (25/11/2016).

Kepala SMPN 3 Denpasar, Wayan Murdana, S.Pd., M.Psi., karena di hari istimewa para guru itu menerima belasan piala dari siswa.

Siswa Spentri atas nama Mutiara Diva dan AA Ayu Amandia Oka meraih juara harapan I dan juara III menulis cerpen dan puisi di Badan Arsip Kota Denpasar.

Selanjutnya, juara I baca puisi tingkat Provinsi Bali oleh Ni Nyoman Sri Diva Dian Prabarini.
Siswa Spentri juga meraih juara II dan III LKIP di SMA Taruna Nusantara oleh Kadek Hari Kesuma dan Md. Ayu Diah Ratna Kusumastuti serta Nyoman Putri Radhani Larassati.

Berikutnya, juara I lomba di Universitas Mahasarasati oleh Putu Tanisya Putri Wirawan, juara I lagu pop solo oleh Md. Krishna Putra Pramanda, meraih medali perunggu olimpiade Biologi di Undiksha yang diraih oleh Arya Widia Putra.

Siswa Spentri juga meraih harapan III festival Taiji dan Qigong lewat Cecelia Celina Wijaya, juara I lomba film dokumenter dengan judul “Yeh Beji” dan meraih juara umum lomba ekstern di SMAN 4 Denpasar.

Prestasi lain, juara II Olimpiade Sains bidang matematika dan IPA tingkat Kota Denpasar yang diraih oleh Putu Tanisya Putri dan Gede Aryana Saputra. Di bidang olahraga meraih juara III Kejurnas Kartika Cup di Bandung dan juara III kejuaraan judo internasional oleh IGA Intan Padma Christy.

Di tingkat nasional, siswa Spentri meraih medali perunggu di lomba penelitian siswa nasional yang diukiroleh Kadek Heri Kesuma dan Md. Dika Damanata. Berikutnya di Asia International Mathematical Olympiad meraih perunggu yang diukir oleh Putu Annand Kurnia Iswari.

Kasek Wayan Murdana mengungkapkan rasa harunya bahwa di HGN banyak mendapat piala dan penghargaan pencitraan positif dari siswa berprestasi. Termasuk penghargaan UN berintegritas dari Kemendibud. Prestasi ini, sekaligus sebagai bentuk pertanggungjawaban sekolah kepada orangtua dan masyarakat. (pra/bpn)

Keterangan Foto: PENGHARGAAN – Kasek Wayan Murdana foto bersama guru-guru dengan dengan piagam penghargaan dari Kemendikbud atas indeks integritas penyelenggaraan UN yang tinggi.