Pemkab Badung Gelar Mapekelem Marisuda Bumi di Pura Geger

BALIPORTALNEWS.COMPemerintah Kabupaten Badung kembali menggelar upacara tawur agung dan mapekelem marisuda bumi di Pura Geger, Desa Adat Peminge, Kuta Selatan bertepatan dengan tilem kelima, Selasa (29/11/2016).

Upacara yang rutin dilaksanakan setiap tilem kelima ini bertujuan untuk memohon kerahayuan dan keharmonisan alam. Upacara Tawur Agung dipuput oleh Tri Sadaka yaitu Ida Pedanda Gede Pemaron Mandara Griya Kusumayati Yangbatu, Ida Pedanda Buda Griya Jadi Kediri Tabanan dan Jero Gede Sengguhan Temburu Wasa Jeroan Gede Br. Lambing, Sibang Kaja. Sedangkan upacara di Pura dipuput Ida Pedanda Putra Buruan Griya Pasraman Darmasaba.

Pada kesempatan tersebut, Kadis Kebudayaan Badung I B Anom Bhasma mengatakan, upacara ini rutin dilaksanakan setiap tahun yaitu bertepatan dengan tilem sasih kelima. Upacara ini dilaksanakan dalam rangka nunas pemahayu jagat. Karya pemahyu jagat melalui sarana mapekelem dengan dasar tawur balik sumpah dilaksanakan, dimana pakelem di segara/laut menggunakan sarana kerbau, kambing, itik hitam dan ayam hitam. “Tujuannya untuk memohon kerahayuan jagat dan keajegan jagat badung khususnya dan bali umumnya,” jelasnya. (humasbadung/bpn)