BALIPORTALNEWS.COMGubernur Bali  Made Mangku Pastika menyampaikan rasa antusiasnya  terhadap kerjasama yang akan dijalin Provinsi Bali dengan Prefektur Kumamoto, Jepang. Demikian  disampaikannya saat  akan memelakukan penandatangan  nota kesepahaman (memorandum of understanding/MOU) kerjasama dengan Gubernur Prefektur Kumamoto Jepang, Ikuo Kabashima, pada Rabu (17/11/2016) di Kantor Gubernur Kumamoto, Jepang.

Pada kesempatan itu baik Pastika maupun Gubernur Kabashima sepakat untuk mengembangkan persahabatan, kerjasama, dan meningkatkan hubungan baik antar masyarakat atas dasar kesetaraan, saling menguntungkan, dan saling menghormati di bidang kebudayaan, pariwisata, pertanian, lingkungan hidup, perikanan, dan pendidikan. 

”Kita memandang perlu menjalin kerjasama dengan provinsi lainnya di luar negeri yang memiliki potensi daerah yang sama dan tentunya berharap kerjasama ini akan membawa banyak manfaat positif bagi kemajuan Bali, karena Kumamoto adalah salah satu provinsi termaju di Jepang dalam banyak hal, ” kata Pastika.

Lebih jauh Pastika yang diundang khusus oleh Pemerintah Kumamoto menjelaskan kesepakatan ini bertujuan untuk meningkatkan pelaksanaan pembangunan daerah Bali, serta mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat Bali di berbagai bidang.

Baca Juga :  Pembalap Muda Binaan Honda Ayumu Iwasa Akan Tampil Perdana di Sesi Latihan Bebas F1 Grand Prix Jepang 2024

 Prefektur Kumamoto  sendiri berada di wilayah Jepang Barat Daya, di Pulau Kyushu. Baik Bali maupun Kumamoto Kedua provinsi memiliki kemiripan potensi, antara lain pertanian dalam arti luas, kebudayaan serta pariwisata. Dijelaskan Dewa Mahendra komitmen kedua provinsi telah terbangun cukup lama, bahkan Gubernur Kumamoto Prefecture Ikuo Kabashima, terlebih dahulu mengunjungi Bali pada bulan Juli  2015 silam. Setelah itu diikuti kunjungan para ahli Jepang ke Bali sampai pertengahan 2016, dalam bidang pertanian, peternakan, pariwisata, dan pendidikan.

Pada kesempatan tersebut, dibahas pula hal-hal lain terutama pengalaman kumamoto dalam membudidayakan sapi, juga keberhasilan Kumamoto sebagai kota pendidikan di Jepang, sistem agribisnis Kumamoto yang maju, serta cepatnya Kumamoto pulih pasca musibah gempa bumi bulan Mei lalu dengan korban jiwa yang sangat sedikit.

Baca Juga :  Ucap Syukur, DPD Gerindra Bali Melakukan Persembahyangan ke Pura Batur dan Besakih

Pastika yang saat itu  didampingi oleh Kepala Dinas Pertanian Provinsi Bali, Ida Bagus Wisnuardhana, dan Sekretaris Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Provinsi Bali, I Wayan Serinah berharap bantuan dan kerjasama dengan  salah satu prefektur negeri sakura ini akan meningkatkan kualitas pembangunan daerah Bali dan menciptakan Bali memiliki daya saing global, serta mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat.

Salah satu yang akan dilakukan dalam kesepakatan ini adalah pengiriman banyak tenaga dan sumber daya manusia untuk belajar di Kumamoto khususnya para petani untuk mendalami sistem agribisnis modern. Selanjutnya kerjasama ini diharapkan membuka peluang bagi para lulusan SMAN Bali Mandara untuk  memiliki kesempatan mengenyam pendidikan dan mendapatkan beasiswa di sana. Terkait pengembangan sapi Bali yang merupakan plasma nutfah kebanggaan pulau dewata rencananya juga akan dikembangkan menjadi penghasil daging yang berkualitas tinggi melalui kerjasama dengan Perfektur negeri matahari terbit ini.  

Baca Juga :  Pabrik Baterai Honda dan LG Energy Solution Targetkan Mulai Beroperasi Pada Akhir Tahun 2024

Di sisi lain,  Gubernur Kabashima menyampaikan kegembiraanya karena provinsinya dapat membangun kerjasama dengan Bali sebagai salah satu destinasi pariwisata terkenal di dunia, setelah lebih dari tiga tahun telah melakukan pejajagan secara serius. Semoga kerjasama ini dapat mendukung berbagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Bali. (humasprovbali/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News