Teliti Daun Kaca Piring sebagai Obat Sariawan, Siswa SMPN 10 Denpasar Raih Perak di LPSN

BALIPORTALNEWS.COM – Siswa SMPN 10 Denpasar Pande Nyoman Dimas Pratistha, Metta Devyani Putri Wardhana dan Kadek Diva Juliantara, meraih medali perak di Lomba Penelitian Siswa Nasional (LPSN) 2016 di Jakarta. Ketiganya menjadi duta Bali meraih medali perak di katagori IPA dan lingkungan.

Sementara tim lain SMPN 10 Denpasar yang diperkuat IGA Made Lisya Pradyana Dewi, IGA Bulan Mutiara Dewi dan Putu Mirah Wahyu Subagia Putri, hanya lolos sebagai finalis.

Di babak grandfinal, Dimas, Metta dan Diva memaparkan hasil penelitiannya soal ‘’Uji Efektivitas Salep Denata Dibica dari Ekstrak Daun Kaca Piring (Gardenia augusta) Dalam Menghambat Pertumbuhan Jamur Candida albicans Penyebab Sariawan’’. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen.

Penelitian dilaksanakan dari 10 Oktober 2015 sampai 17 Maret 2016 di Lab. SMPN 10 Denpasar, Lab. Biopestisida Unud dan Lab. Mikrobiologi FK Unud. Dari hasil penelitian ini didapat hasil bahwa Salep Denata Dibica yang dibuat dari esktrak daun kaca piring efektif dalam menghabat pertumbuhan jamur Candida albicans.

Sementara secara sederhana, kata Dimas, memanfaatkan daun kaca piring dalam pencegahan sariawan dapat dilakukan secara langsug daun segarnya dibuat gel/loloh ataupun dengan menggunakan ekstrak kental daun kaca piring dalam formulasi salep Denata dibica. Dimas ingin hasil penelitiannya mendapatkan hak paten dari Dirjen Haki.

Pembina KIR SMPN 10 Denpasar Dra. Wayan Purnasih yang menemani siswanya saat lomba mengaku sejak awal dewan juri sudah kepincut dengan judul dan materi ini lantaran sangat signifikan situasi kekinian dimana masyarakat semakin tertarik dengan pengobatan secara herbal.

Dia juga terharu melihat penampilan anak didiknya ini penuh percaya diri menjawab pertanyaan para professor. Makanya dia sampai meneteskan air mata karena saking terharunya melihat perjuangan anak-anak SMPN 10 Denpasar bisa meraih medali perak.

Atas prestasi tersebut siswa SMPN 10 Denpasar mendapat apresiasi dan ucapan selamat khusus dari Kepala SMPN 10 Denpasar, Drs. Ketut Sukartha, M.Si., Senin (3/10/2016). Dia berharap prestasi ini terus  diraih tiap tahun, bila perlu tahun depan bisa meraih medali emas. Ia menyebutkan prestasi ini sekaligus tantangan untuk memotivasi anak-anak tampil kreatif dan inovatif sepanjang hidupnya.

‘’Diperlukan motivasi intrisik (diri sendiri) guna menjadikan kreatif, inovatif, dan prestasi sebagai budaya di SMPN 10 Denpasar,’’ pungkasnya. (tis/bpn)

 

Keterangan Foto : MEDALI PERAK – Kasek Ketut Sukartha foto bersama siswanya yang meraih medali perak di ajang Lomba Penelitian Siswa Nasional (LPSN) 2016.