BALIPORTALNEWS.COM – Gempa bumi tektonik mengguncang wilayah Subang Jawa Barat, Rabu (19/10/2016).

Hasil analisa BMKG menunjukan bahwa gempa bumi terjadi pada pukul 07:25:57 WIB dengan kekuatan 6.5 Skala Richter (SR) dengan episenter terletak pada koordinat 5.29 LS dan 108.00 BT, pada kedalaman 654 km.

Kepala Bidang Data dan Informasi Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah II Ciputat, Sutiyono, S.Si., menjelaskan, peta tingkat guncangan (shake map) BMKG menunjukan bahwa dampak gempa bumi berupa guncangan kuat/lemah dirasakan di daerah Jakarta, Malingping, Citeko, Bogor, Lembang, Bandung, Sukabumi, Pangandaran, PelabuhanRatu,  Soreang,  Pacitan, Trenggalek, Cilacap, Bantul, Liwa, Padang dan Kepahiang dalam skala intensitas I-II SIG-BMKG atau (II-III MMI).

Baca Juga :  Video Viral Presiden Jokowi "Makan Siang Gratis" Ternyata Hoaks

Di daerah ini guncangan gempa bumi dilaporkan dirasakan oleh orang banyak/beberapa orang.

Terkait dengan peristiwa gempa bumi Subang Jawa Barat yang baru saja terjadi, hingga laporan ini disusun pada pukul 08.50 WIB belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan.

Masyarakat dihimbau agar tetap tenang, dan terus mengikuti  arahan BPBD dan BMKG. Khusus masyarakat di daerah pesisir Utara Jawa dihimbau agar tidak terpancing isu karena gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami.

Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi ini merupakan  gempa bumi dalam akibat aktivitas sesar/subduksi dalam lempeng. ***

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News