BALIPORTALNEWS.COM – KBO Binmas Polres Tabanan Iptu I Ketut Nata mengingatkan masyarakat tentang bahaya narkoba, apalagi peredaran narkoba saat ini sudah merambah hingga ke pelosok desa. Dia mengungkapkan hal itu dalam penyuluhan HIV/AIDS dan penyalahgunaan narkoba, di Aula SMPN 1 Baturiti, Rabu (19/10/2016).

Nata pun mengajak para siswa SMPN 1 Baturiti dan generasi muda pada umumnya, agar jangan coba-coba memakai narkoba. “Hindari narkoba dengan katakan tidak pada narkoba,” tegasnya.

Nata dalam ceramahnya juga menyampaikan pengertian tentang narkoba dan efek jika mengonsumsi narkoba, yang dapat mengakibatkan kematian. Dia menjelaskan tentang penggolongan narkoba, yaitu golongan I, golongan II, dan golongan III.

Baca Juga :  Teach4Hope Bersama Timedoor Academy Hadirkan Beasiswa Pelatihan Kerja Gratis Bidang IT di Denpasar

Dalam penyuluh kali ini juga menghadirkan dr. Widya dari Puskesmas Baturiti. Dalam ceramahnya, dia menyampaikan penyuluhan tentang pengertian HIV/AIDS. Salah satunya tentang PMS (penyakit menular seksual) dan HIV/AIDS.

Dijelaskan pula tentang PMS adalah penyakit yang menyerang organ kelamin, baik pria maupun wanita. Begitu juga tentang IMS (infeksi menular seksual), yang disebabkan bakteri. Penyakit yang disebabkan virus, di antaranya AIDS dan penyakit yang disebabkan parasit.

“Faktor penyebaran IMS bisa karena faktor umur, faktor perilaku, dan faktor pekerjaan. IMS ditularkan dari hubungan seks dengan penderita IMS, hubungan seks di luar nikah, dan hubungan seks dengan banyak pasangan,” jelasnya.

Baca Juga :  Indosat Ooredoo Hutchison Mempersembahkan Kampanye ‘Indosat Berkah Ramadan 2024’

Pada akhir ceramahnya, Widya mengingatkan agar para siswa tidak melakukan hubungan seks sebelum cukup umur dan sebelum menikah. (ita/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News