Lomba Cipta Menu Non-Beras, PKK Desa Guwang Raih Juara I Nasional

0
1116

BALIPORTALNEWS.COM – Kabupaten Gianyar yang diwakili PKK Desa Guwang, Sukawati, Gianyar, berhasil meraih juara I lomba cipta menu beragam tingkat nasional.

PKK Desa Guwang yakni  “nasabi” yaitu nasi goreng ubi (sarapan) lontong talas (makan siang) dan menu ubi ungu yang dioleh sedemikian rupa untuk menu makan malam.

Dari keberagaman sajian tersebut dan dinilai dari pemilihan karbohidrat, ditambah protein dari lauk pauk, dan vitamin dari sayur dan buah apalagi disajikan dengan sangat menarik.
Dengan menu itu rupanya tim juri berhasil dipikat sehingga Kabupaten Gianyar meraih prestasi tingkat nasional.

Lomba ini diselenggarakan serangkaian  memperingati Hari Pangan se-dunia ke-36 yang dipusatkan di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, 29 Oktober 2016.

Ketua PKK Desa Guwang, A.A Sagung Sri Damayanti mengaku sangat bangga dengan keberhasilan yang diraih TP PKK Desa Guwang, Sukawati Gianyar.

Menurutnya saat menghadapi lomba, dirinya bersama tim PKK lainnya tidak menargetkan juara. Namun pihaknya  bertekad menampilkan yang terbaik.

Dalam lomba ini disyaratkan untuk menampilkan resep untuk menu makan selama 3 hari untuk makan pagi (sarapan), makan siang dan makan malam. Disamping itu juga, wajib menampilkan minuman dan cemilan yang sehat dan bebas dari bahan pengawet.

Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar, Nyonya Surya Adnyani Mahayastra saat dihubungi seusai menerima penghargaan tersebut mengaku sangat bangga dengan prestasi tersebut.

Atas perestasi yang diraih PKK Desa Guwang, Adnyani Mahayastra menyampaikan terimakasih kepada PKK Desa Guwang dan TP PKK Kabupaten  Gianyar khususnya tim  Pokja 3 yang sekian lama berkerja keras dan tidak kenal lelah dalam mempersiapkan lomba tersebut.

Dikatakan,  lomba cipta menu ini menampilkan menu kreasi non beras. Seperti diketahui saat ini ketergantungan akan beras sebagai sumber karbohidrat masih sangat tinggi. Pangan pengganti beras sebagai sumber karbohidrat seperti ubi, singkong, talas, jagung belum dilirik sebagai sumber karbohidrat utama. Hanya bersifat makanan sela saja atau cemilan diantara waktu makan utama. Padahal ubi, singkong, talas, jagung kandungan karbohidratnya sama dengan beras.

Dikatakan, PKK Kabupaten Gianyar melalui Pokja 3, sebenarnya sudah sering melakukan sosialisasi dan pembinaan ke PKK tingkat desa tentang bahan makanan non beras ini. Bagaimana cara mengolahnya, variasi menu bahkan jika memungkinkan dijadikan sumber mata pencaharian tambahan.

“Beberapa waktu lalu, kami memberikan pelatihan kepada PKK Desa se-Kabupaten Gianyar tentang tata kecantikan kulit dan pelatihan tata boga khususnya tentang masakan berbahan dasar non beras,” ujar Adnyani Mahayastra.

Pihaknya mengaku secara rutin melakukan pelatihan,sehingga dalam menghadapi lomba sudah tidak bingung lagi. Tinggal dimantapkan masalah menu dan beberap hal teknis lainnya. (hms gianyar/bpn)