BALIPORTALNEWS.COMBupati Badung I Nyoman Giri Prasta, Selasa (25/10/2016) menghadiri upacara ngeratep, melaspas lan mepasupati ida bhatara petapakan di Pura Dalem Paruman, desa adat Sembung-Karangjung, Mengwi. Bupati Giri Prasta pada kesempatan itu melakukan ngunggahang sekar pada petapakan yang disucikan.

Hadir mendampingi Bupati yakni anggota DPRD Badung I Nyoman Satria, Camat Mengwi I Gst Ngr Jaya Saputra beserta Tripika kec. Mengwi, Perbekel Sembung Made Kariana, Penglingsir Puri Ageng Mengwi, Penglingsir Puri Sembung, Bendesa Adat Pacung, Apuan, Lodtunduh, Tegeh, Angsri, serta tokoh masyarakat setempat.

Ketua panitia Pura Dalam Paruman sekaligus Bendesa Adat Sembung I Gede Sindu Putra melaporkan, perbaikan/ngodak petapakan dimulai bulan Juli hingga Oktober 2016. Adapun petapakan yang diperbaiki yakni barong, ratu niang lingsir, ratu mas ayu, pewayangan jauk manis dan 2 peretima ring Pura Dalem Paruman. Perbaikan petapakan ini menghabiskan dana sebesar Rp. 700 juta. D

Baca Juga :  FPRB Tanjung Benoa Beberkan Implementasi 12 Indikator Tsunami Ready di Barcelona

ana tersebut bersumber dari urunan krama pengempon dari 300 KK dengan 2 desa adat terkumpul Rp. 200 juta, APBD Badung Rp 250 juta, dan dana bantuan APBDes Desa Rp. 200 juta. Sementara upacara katur ngeratep, melaspas, masupati, upacara utama mejalaran pelegembal dan bebangkit sejangkepnyane. Upacara dipuput Ida Pedanda Gria Sembung Mengwi. Setelah upacara melaspas dan masupati, dilanjutkan dengan puncak karya pada 1 Nopember nanti dan upacara akan dilaksanakan hingga tanggal 8 Nopember 2016.

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menyampaikan terima kasih atas  semangat krama pemaksan yang telah menjalankan swadarmaning agama. Kata Bupati, Pemkab Badung akan selalu mendukung upaya krama dalam rangka melestarikan seni, adat, agama dan budaya bali.

Baca Juga :  DPRD Bali Rekomendasikan Langkah Strategis untuk Kemajuan Bali

Hal ini telah menjadi salah satu dari lima program prioritas yang dilaksanakan Pemkab Badung. Menurutkan pelestarian seni, adat, agama dan budaya amat sangat penting, karena segala pembangunan yang dilakukan pondasinya adalah budaya.

"Membangun seni, adat dan agama pondasinya adalah budaya," tegasnya.

Selain seni, adat agama dan budaya, yang menjadi skala prioritas Pembangunan Badung adalah sandang, pangan dan papan, pendidikan dan kesehatan, jaminan sosial dan tenaga kerja serta pariwisata.

Di akhir acara, Bupati Badung Giri Prasta ngaturang punia Rp. 250 juta yang diterima ketua panitia. (hms badung/bpn)

 

Baca Juga :  Wawali Arya Wibawa Hadiri Karya Melaspas Kori Agung dan Candi Bentar Pura Puseh Desa Adat Pedungan

Keterangan Foto : Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, Selasa (25/10/2016) menghadiri upacara ngeratep, melaspas lan mepasupati ida bhatara petapakan di Pura Dalem Paruman, desa adat Sembung-Karangjung, Mengwi. Bupati Giri Prasta pada kesempatan itu melakukan ngunggahang sekar pada petapakan yang disucikan.

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News