BALIPORTALNEWS.COMBupati Badung I Nyoman Giri Prasta membentangkan panah sebagai pertanda dibukanya Pesta Rakyat Kecamatan Abiansemal, serangkaian HUT ke-7 Ibukota Badung Mangupura tahun 2016 di Lapangan Kopral I Wayan Surem, Blahkiuh, Jumat (28/10/2016) malam lalu.

Pesta rakyat Kecamatan Abiansemal berlangsung begitu meriah dengan ditampillannya berbagai pentas seni budaya serta hiburan dari penyanyi pop bali. Kegiatan tersebut juga dihadiri Anggota DPRD Badung Dapil Abiansemal Ponda Wirawan, Alit Yandinata serta IB Sunarta, hadir pura pimpinan SKPD terkait, Ketua TP PKK Badung Ny. Seniasih Giri Prasta, Wakil Ketua TP PKK Ny. Kristiani Suiasa serta Ketua DWP Badung Ny. Kompyang Swandika.

Bupati Giri Prasta dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Camat dan masyarakat Kecamatan Abiansemal yang telah mampu melangsungkan pesta rakyat yang begitu meriah. Menurutnya, pesta rakyat yang digelar dimasing-masing Kecamatan ini sebagai wujud keberpihakan pemerintah dan pemerintah Kabupaten Badung senantiasa hadir di tengah-tengah masyarakat.

Selain itu, Bupati juga menyampaikan di awal kepemimpinannya di Badung bersama Wabup. Ketut Suiasa sudah membuat RPJMD Semesta Berencana 2016-2021.

Didalamnya sudah dirumuskan 5 (lima) program yang menjadi skala prioritas yakni sandang, pangan dan papan, kesehatan dan pendidikan, jaminan sosial dan tenaga kerja, pelestarian seni, adat, agama dan agama serta pariwisata.

Lebih lanjut dijelaskan, di sektor sandang pangan dan papan bagi masyarakat, Pemkab Badung akan menggelontorkan bantuan bedah rumah bagi RTS, minimal dibantu setiap RTS 50 juta, selain itu juga dibantu dana Usaha Ekonomi Produktif. Dibidang Kesehatan, masyarakat Badung diberikan dua kartu, KIS (Kartu Indonesia Sehat) dan KBS (Kartu Badung Sehat) sehingga masyarakat yang berobat di Puskesmas maupun rumah sakit akan gratis.

Di pendidikan, di tahun ini siswa SD kelas 6 diberikan laptop gratis. Sementara untuk tahun depan siswa SD kelas 1 dan SMP kelas 1 diberikan seragam lengkap serta tidak ada lagi pungutan di sekolah.

Sementara Camat Abiansemal Putu Ngurah Thomas Yuniarta melaporkan, pesta rakyat di Kecamatan Abiansemal berlangsung selama dua hari yang dipusatkan di Lapangan Kopral I Wayan Surem Blahkiuh. Kegiatan yang diadakan meliputi Pameran UMKM dari 18 Desa di Abiansemal, pelayanan akte administrasi kependudukan, seminar meibatkan siswa dengan tema jauhi narkoba dan HIV/AIDS, senam lansia dan donor darah.

Untuk menghibur masyarakat ada pula pementasan hiburan rakyat yang menampilkan artis-artis pop bali papan atas seperti  Diana Giri Prasta, D’Antoni, GT Rock Band, Lolot n’band, Gek Diah 3G, The Green Harmony, Widi Widiana, serta pentas seni budaya fragmentari subali sugriwa,Joged mebarung Sobnagan Blahkiuh. Tema yang diangkat dalam perayaan kali inui “Melalui peritakan kita wujudkan ajaran trisakti menuju Kabupaten Badung yang mandiri”. (hms badung/bpn)

Keterangan Foto : Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta membentangkan panah sebagai pertanda dibukanya Pesta Rakyat Kecamatan Abiansemal, serangkaian HUT ke-7 Ibukota Badung Mangupura tahun 2016 di Lapangan Kopral I Wayan Surem, Blahkiuh, Jumat (28/10/2016) malam lalu.