BALIPORTALNEWS.COMPrestasi membanggakan diraih Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Bali di kancah nasional karena berhasil menyabet juara 1 Lomba Cipta Menu  Beragam , Bergizi, Sehat dan Aman (B2SA) untuk kategori Kreasi Menu Beragam yang digelar  serangkaian Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-36 tingkat nasional yang dipusatkan di Desa Kemiri Mojosongo, Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (29/10/2016).

Dalam lomba yang diselenggarakan oleh TP PKK Pusat bersama  Kementrian Pertanian RI, TP PKK Provinsi Bali diwakili oleh TP PKK Desa Guwang, Kecamatan Sukawati, Gianyar.

Ketua TP PKK Provinsi Bali, Ny Ayu Pastika, yang ditemui di tengah tengah acara menyampaikan kebanggaanya atas prestasi yang diraih duta Bali ini.

“Saya sangat mengapresiasi prestasi yang sudah dicapai perwakilan Bali di ajang HPS ini. Tentu saja tidak sekedar prestasi, namun selanjutnya kita harapkan para ibu bisa menyiapkan menu untuk keluarga  yang terdiri dari sumber karbohidrat, protein, vitamin dan mineral dan memenuhi prinsip Beragam, Bergizi, Sehat dan Aman (B2SA),” ujarnya.

Baca Juga :  Avila Bahar dan Alvin Bahar Berhasil Raih Kemenangan Pada Seri Pembuka Kejuaraan Nasional Balap Mobil ISSOM Musim 2024

Lebih jauh ia  mengatakan bahwa lomba Cipta Menu B2SA juga merupakan bagian penting dari upaya diversifikasi pangan melalui keanekaragaman konsumsi pangan non beras. Hal ini, kata Ayu Pastika, sejalan dengan langkah Pemprov Bali untuk memperkuat ketahanan pangan dengan memberdayakan potensi lokal dan tidak hanya berpatokan pada beras.

Ia mencontohkan dengan sentuhan kreatifitas, bahan pangan lokal non beras seperti suweg, keladi, sukun dan jagung dapat diolah menjadi menu yang menggugah selera. Kandungan gizi yang terkandung dalam bahan pangan itu pun tak kalah dengan beras

“Dan sudah tentu kita  harus mengutamakan bahan panganan lokal, yang pastinya harganya jauh lebih murah dan rasanya juga  tidak kalah,” imbuh Ayu Pastika yang dalam kesempatan itu juga turut didampingi oleh ketua TP PKK Kabupaten Gianyar Ny. Surya Adnyani Mahayastra.

Lebih dari itu,  Ia juga berharap lomba ini bisa mengangkat makanan khas daerah Bali yang diyakini  tidak akan kalah dengan makan cepat saji (fast food).

Pada lomba ini setiap peserta yang berasal dari seluruh provinsi di tanah air ini di wajibkan menampilkan display yang terdiri dari menu sarapan, makan siang dan makan malam.

Setelah Bali posisi juara dalam Lomba Cipta Menu Beragam kategori Kreasi Menu Beragam  diraih oleh TP PKK Provinsi Kalimantan Timur, disusl  Juara 3 diraih  TP PKK Provinsi Jawa Timur, berikutnya untuk Harapan I dan II berturut-turut diraih oleh TP PKK Provinsi Banten dan Papua.

Baca Juga :  UGM Terima 2.821 Calon Mahasiswa Baru Jalur SNBP

Peringatan HPS kali ini  dibuka oleh Presiden Joko Widodo serta didampingi oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Mentri Pertanian Amran Sulaiman di Alun-Alun Kota Boyolali. Dipilhnya Boyolali menjadi tuan rumah acara ini karena dinilai banyaknya penganekaragaman atau diversifikasi tanaman yang dikembangkan di daerah tersbut.

Tema yang diusung dalam HPS ke 36  tahun ini adalah ‘Membangun Kedaulatan Pangan di Era Perubahan Iklim’.

Peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS)  jatuh pada setiap tanggal 16 Oktober adalah sebuah momentum yang mengingatkan dunia bahwa kekuatan setiap negara ditentukan oleh kemampuannya untuk memenuhi kebutuhan pangan seluruh masyarakat secara berkelanjutan.

Momen HPS digelar bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan perhatian akan pentingnya penanganan masalah pangan baik di tingkat nasional, regional maupun global secara berkelanjutan. (hms prov bali/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News