BALIPORTALNEWS.COM – Salah satu putra terbaik dari Kabupaten Tabanan, yakni Agung Putradhyana, menerima penghargaan tropi Energi Prakarsa 2016. Penghargaan tersebut diserahkan Menteri ESDM Luhut Binsar Pandjaitan, di Jakarta, 4 Oktober 2016. Penghargaan tersebut selanjutnya diserahkan kepada Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti, didampingi Kepala Bagian SDA Kabupaten Tabanan Gede Ekayana, Selasa (18/10.2016).

Ekayana mengatakan, Agung berhasil meraih pengargaan tersebut, karena membuat terobosan dalam pemanfaatan tenaga surya yang digunakan sebagai energi listrik baru terbaru yang ramah lingkungan. Menurutnya, energi listrik ini dapat diaplikasikan  dalam berbagai peralatan pendukung, guna membantu petani maupun peralatan rumah tangga.

Baca Juga :  Pemkab Tabanan Rutin Gelar Apel Hari Kesadaran Nasional

Hal senada disampaikan Bupati Eka, bahwa pihaknya mengapresiasi dan merasa bangga. Menurutnya, pada zaman yang serbacanggih dan didukung kemajuan teknologi, banyak sekali ditemukan inovasi baru. Namun, inovasi yang ramah lingkungan seperti yang dibuat Agung bisa jadi contoh bagi yang lainnya.

“Saya salut dengan terobosan yang dilakukan salah satu putra terbaik kita dari Tabanan. Mudah-mudahan penghargaan ini bisa memberikan semangat baru bagi Agung, untuk terus menciptakan terobosan-terobosan baru,” ujarnya.

Sementara Agung mengucapkan terima kasih atas perhatian yang diberikan Pemkab Tabanan, sehingga mengantarkan dirinya meraih prestasi di tingkat nasional. Agung yang asal Desa Geluntung, Marga, menyebut terobosan ini menjadi salah satu bukti bahwa tidak selamanya temuan baru yang sifatnya modern bisa merusak lingkungan.

Baca Juga :  Apresiasi Kegiatan Masyarakat, Bupati Tabanan Hadiri Turnamen Ceki di Desa Tunjuk

Dia pun berharap, penemuan ini bisa bermanfaat dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. “Saya berharap, apa yang saya lakukan bisa jadi inspirasi bagi yang lain, dan tentunya bermanfaat bagi masyarakat,” tandasnya. (ita/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News