BALIPORTALNEWS.COMSMPN 2 Kuta menjadi duta Kecamatan Kuta pada lomba Penanggulangan Kanker Terpadu Paripurna (PKTP) tingkat sekolah di Kabupaten Badung tahun 2016. SMPN 2 Kuta dinilai Tim PKTP Kab. Badung, Kamis (29/9/2016).

Tim PKTP Badung dipimpin langsung Ketua Tim sekaligus Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Badung Seniasih Giri Prasta bersama Wakil Ketua II Tim PKTP Badung Kompyang R. Swandika. Kedatangan tim disambut yel-yel dari siswa-siswi SMPN 2 Kuta serta pengalungan bunga kepada Ketua Tim oleh Kepala SMPN 2 Kuta Drs. I Nyoman Werta, SPd. 

Dalam sambutannya Ketua YKI Cabang Badung Seniasih Giri Prasta, menekankan bahwa tujuan utama dari lomba PKTP tingkat sekolah ini adalah untuk menurunkan angka kematian masyarakat Indonesia akibat kanker.

Siswa yang telah dibekali pengetahuan tentang penyakit kanker, cara pencegahan dan pengobatannya dapat diketoktularkan kepada keluarga maupun masyarakat melalui kegiatan penyuluhan di pasar-pasar tradisional, sehingga mampu untuk melaksanakan pencegahan, pengurangan resiko terkena kanker serta pengobatan sedini mungkin, dan diharapkan kedepan berdampak pada peningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan terwujudnya kabupaten badung yang sehat.

Baca Juga :  Astika Pande Paparkan Potensi Metaverse untuk Pendidikan di DTIK Festival 2024

 "Melalui lomba PKTP ini kami harapkan mampu mencegah penyakit kanker sejak dini," jelasnya. Selain itu Istri Bupati Badung ini juga menekankan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekolah termasuk kantin sekolah sebagai tempat para siswa membeli makanan dan minuman setiap hari. "Jangan baru ada lomba sekolahnya bersih. Kami harapkan setiap hari harus ditekankan untuk menjaga kebersihan dilingkungan sekolah," tambahnya.

Keepala SMPN 2 Kuta I Nyoman Werta pada kesempatan itu melaporkan sekilas tentang keberadaan SMPN 2 Kuta. Menurutnya sekolah ini telah berdiri 11 tahun lalu yakni tahun 2005. Saat ini jumlah siswa sebanyak 1.145 dengan 30 rombongan belajar. Didukung pula sebanyak 55 guru baik guru PNS maupun honorer.

 Selain itu disampaikan, prestasi yang pernah diaraih SMP yang berlokasi di wilayah Kelurahan Seminyak itu. Seperti menjadi juara umum Porjar dan PSP 2016 dan meraih Piala bergilir nasional perisai diri. "Dalam waktu dekat pada tanggal 3 Oktober ini, sekolah ini akan menjadi duta badung lomba sekolah sehat/UKS tingkat provinsi Bali," tterangnya.

Baca Juga :  Bandara I Gusti Ngurah Rai Siap Layani Arus Balik

Sementara untuk lomba PKTP ini melibatkan 290 siswa serta 75 guru dan pegawai ikut terlibat. Bidang yang dinilai meliputi; bidang administrasi, penyuluhan PKTP, toga, simulasi, pembuatan jamu, baca puisi, senam, yel PKTP, paduan suara, slogan, kantin sekolah, kesenian tradisional, kebersihan lingkungan. "Meskipun dengan persiapan yang minim, kami sebagai duta Kecamatan Kuta siap untuk dinilai," jelasnya. 

Sementara Camat Kuta I Gede Rai Wijaya mengatakan, sangat bangga atas semangat para guru, pegawai dan siswa SMPN 2 Kuta, sehingga penilaian ini dapat berjalan dengan baik. Pihaknya juga menyampaikan apresiasi kepada YKI Badung atas terlaksananya kegiatan PKTP di sekolah ini. Melalui kegiatan ini diharapkan para siswa dapat memahami dan memiliki pengetahuan tentang penyakit kanker dan pencegahannya, sehingga dapat disosialisasikan kepada keluarga dan masyarakat sekitar. "Kami sangat mengapresiasi kegiatan dari YKI ini, sehingga kedepan siswa semakin sehat dan terhindar dari bahaya kanker," imbuhnya. 

Baca Juga :  Sekda Dewa Indra Tekankan Satpol PP Perlu Melakukan Pendekatan Humanis dalam Menegakkan Peraturan

Dalam lomba tahun ini sekolah yang dinilai diantaranya, untuk tingkat SMA/SMK yakni SMAN 1 Kuta Selatan dan SMAN 1 Petang. Tingkat SMP yakni SMPN 2 Kuta, SMPN 2 Petang dan SMPN 3 Abiansemal. Sementara tingkat SD, SD 2 Petang, SD 2 Kerobokan Kaja dan SD 2 Kapal. Para pemenang dalam lomba ini sekaligus akan mewakili Kabupaten Badung dalam lomba PKTP tingkat Provinsi Bali, yang penilaiannya pada 31 Oktober mendatang. (r/humas pemkab badung/bpn)

 

Keterangan foto : LOMBA PKTP – Ketua Tim PKTP Badung Seniasih Giri Prasta saat memimpin penilaian PKTP di SMPN 2 Kuta, Kamis (29/9/2016) kemarin.

 

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News