BALIPORTALNEWS.COM – Upaya pemberdayaan kaum perempuan di Kabupaten Gianyar terus diupayakan oleh Pemkab Gianyar, melalui kegiatan Pelatihan Pendidikan Kecakapan Hidup (PKH) Tata Kecantikan Kulit dan Tata Boga untuk salon desa se-Kabupaten Gianyar. Pembukaan kegiatan PKH dilaksanakan di PLUT KUMKM Bedulu, Blahbatuh, Gianyar, Selasa (27/9/2016).

Kepala SKB Sukawati, Ni Nyoman Kasni selaku Ketua Panitia kegiatan mengatakan, pelatihan dilaksanakan selama 15 hari dari Selasa (27/9/2016) hingga 18 Oktober 2016. Untuk pelatihan kecantikan kulit dengan mengambil tempat di UPT SKB Tegaltugu Gianyar dan untuk pelatihan tata boga berlangsung  di SMKN 2 Sukawati.  Peserta pelatihan sebanyak 80 orang terdiri dari 5 perwakilan masing-masing desa. Adapun instruktur pelatihan berasal dari LKP Putra Intan dan LKP Santika Dewi.

Baca Juga :  Yongki Perdana Luncurkan Dua Varian Parfume dengan Harga Terjangkau

Kabid Pemuda dan Olahraga Pendidikan Luar Sekolah dan Pendidikan Luar Biasa, I Gusti Agung Putra saat membuka pelatihan menyampaikan apresiasi pelatihan untuk meningkatkan kemandirian, kreativitas ibu-ibu. Sehingga para ibu-ibu bisa memanfaatkan keterampilan dan kemampuan yang dimiliki untuk lebih mensejahterakan keluarga.

Ketua Tim Penggarak PKK Kabupaten Gianyar, Ny. Surya Adnyani Mahayastra mengatakan dengan berbagai pelatihan dan keterampilan yang diberikan kepada ibu-ibu di Kabupaten Gianyar, diharapkan dapat lebih meningkatkan wawasan, keterampilan dan kemampuan ibu-ibu sesuai dengan visi-dan misi dari program PKK.

Baca Juga :  Taman Safari Indonesia Hadirkan Bali Royal Chilli Festival 2024, Kupas Resep Sambal Legendaris Kerajaan di Bali

"Program ini merupakan program dari, oleh dan untuk kita, untuk itu dapat diikuti dengan sebaik-baiknya," harap Surya Adnyani.

Dikatakan, kedepan pelatihan akan diarahkan pada pemberian keterampilan seperti membuat jaja suci dan keperluan upacara keagamaan. Sehingga perempuan di Kabupaten Gianyar bisa semakin mandiri dan terampil dalam ekonomi dan budaya. (r/humas pemkab gianyar/bpn) 

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News