BALIPORTALNEWS.COM – Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti mengungkapkan, Pemkab Tabanan senantiasa mendukung kelanjutan proses pembangunan di Pura Parahyangan Agung Jagatkartta Taman Sari, Gunung Salak, Bogor, Jawa Barat. Hal itu dikatakan Bupati Eka saat persembahyangan bersama Ketua DPRD Tabanan I Ketut Suryadi dan jajaran SKPD di lingkungan Pemkab Tabanan, Kamis (22/9/2016).

Bupati Eka juga menyerahkan punia Rp 50 juta kepada panitia pembangunan, usai persembahyangan bersama di pura tersebut. Rencananya, juga akan dilanjutkan dengan bantuan secara pribadi dari Bupati Eka, guna pembangunan penyengker danapit surang.

“Sebagai umat, kita telah diberikan banyak berkah. Wajib bagi kita ingat kepada Sang Pencipta. Yang kita miliki sekarang ini hanya titipan Beliau. Ini adalah perjalanan spiritual sebagai bentuk rasa syukur kita,” ujarnya.

Baca Juga :  Bupati Sanjaya Hadiri dan Buka Pelaksanaan Dharma Santi Perayaan Nyepi Saka 1946 Kabupaten Tabanan 2024

Bupati Eka pun mengapresiasi proses pembangunan yang sedang berlangsung di pura tersebut, yang di-empon umat Hindu dari DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat itu. Menurutnya, proses pembangunan yang terus berlanjut itu jadi cermin kesadaran umat Hindu untuk membangun kahyangan, agar selalu menjadi lebih baik dari waktu ke waktu.

Sebelumnya, di Pura Parahyangan Agung Jagatkartta Taman Sari berlangsung upacara pujawali XI, yang puncaknya pada 16 September 2016, atau bertepatan dengan Purnama Katiga. Seperti yang diterangkan Manggala Prawartaka Yadnya Ida Bagus Made Ariyadi, yang turut menerima kehadiran rombongan Bupati Eka dan Ketua DPRD Kabupaten Tabanan I Ketut Suryadi.

Baca Juga :  Pemerintah Kabupaten Tabanan Laksanakan Studi Tiru Pola Keamanan Terpadu di Kabupaten Bantul

Soal pembangunan yang sedang berlangsung, Ketua Umum Yayasan Giri Taman Sari Bogor, Erlangga Mantik, menjelaskan bahwa fokus kegiatan saat ini adalah pembangunan sarana dan prasarana parahyangan. Seperti pesandekan pinandita,pelinggih catus pata, tangga, wantilan, dapur, toilet, penerangan, pertamanan, dan sarana penunjang kegiatan persembahyangan, serta aktivitas lainnya. “Saat ini, kami fokus di areal mandala utama untuk mengatasi masalah resapan air,” jelas Erlangga Mantik.

Dengan kehadiran rombongan Bupati Eka dan Ketua DPRD Tabanan, serta bantuan yang diserahkan tersebut, panitia menyampaikan terima kasih. Apalagi jika bantuan untuk kegiatan pembangunan di Pura Parahyangan Agung Jagatkartta Taman Sari dari Pemkab Tabanan terus berlanjut. (ita/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News